TEKNOBGT
Flora dan Fauna Bioma Tundra
Flora dan Fauna Bioma Tundra

Flora dan Fauna Bioma Tundra

Bioma tundra merupakan salah satu bioma terdingin di dunia yang terdapat di wilayah kutub utara bumi. Bioma ini memiliki kondisi yang cukup ekstrem dengan suhu rata-rata -34 derajat Celsius pada musim dingin dan 12 derajat Celsius pada musim panas. Tundra terbagi menjadi dua jenis yaitu tundra arktik dan tundra alpin. Tundra arktik terletak di wilayah kutub utara, sedangkan tundra alpin terletak di daerah pegunungan di seluruh dunia. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai flora dan fauna yang ada di bioma tundra.

Flora Bioma Tundra

Flora yang ada di bioma tundra sangat tergantung pada kondisi iklim yang ada. Kebanyakan tumbuhan yang dapat hidup di tundra adalah tumbuhan perdu dan lumut. Beberapa tumbuhan yang ada di bioma tundra antara lain:

1. Salix arctica

Salix arctica merupakan jenis pohon salju yang dapat tumbuh di tundra. Pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1-2 meter dan memiliki akar yang sangat dalam untuk menahan angin kencang.

2. Saxifraga oppositifolia

Saxifraga oppositifolia merupakan jenis tumbuhan bunga yang dapat tumbuh di daerah tundra arktik. Tumbuhan ini memiliki daun kecil dan bunga putih kecil yang muncul pada musim panas.

3. Dryas octopetala

Dryas octopetala atau sering disebut dengan white dryas adalah jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di tundra arktik. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 10-15 cm dan memiliki bunga putih yang muncul pada musim panas.

Fauna Bioma Tundra

Fauna yang ada di bioma tundra juga sangat tergantung pada kondisi iklim yang ada. Kebanyakan hewan yang hidup di tundra adalah hewan yang memiliki bulu tebal untuk menahan suhu dingin. Beberapa hewan yang ada di bioma tundra antara lain:

1. Beruang kutub

Beruang kutub adalah salah satu hewan yang hidup di tundra arktik. Hewan ini memiliki bulu yang tebal dan lemak yang cukup untuk menahan suhu dingin. Beruang kutub juga merupakan salah satu hewan yang terancam punah di dunia.

2. Rusa kutub

Rusa kutub adalah hewan yang hidup di tundra arktik dan merupakan salah satu hewan herbivora yang dapat hidup di daerah tersebut. Hewan ini memiliki bulu yang tebal dan kaki yang panjang untuk menahan suhu dingin.

3. Rubah arktik

Rubah arktik adalah salah satu hewan yang hidup di tundra arktik. Hewan ini memiliki bulu yang tebal dan berwarna putih untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Ancaman Terhadap Flora dan Fauna Bioma Tundra

Kondisi iklim yang ada di bioma tundra semakin terancam karena perubahan iklim yang terjadi di seluruh dunia. Pencairan es di wilayah kutub utara berdampak pada hilangnya habitat yang ada di bioma tundra. Hal ini mengakibatkan flora dan fauna yang hidup di bioma tundra semakin terancam punah. Selain itu, aktivitas manusia seperti pembangunan dan kegiatan eksploitasi juga mengancam flora dan fauna yang ada di bioma tundra.

Kesimpulan

Bioma tundra adalah salah satu bioma yang terdingin di dunia. Flora dan fauna yang ada di bioma tundra sangat tergantung pada kondisi iklim yang ada. Kebanyakan flora yang ada di bioma tundra adalah tumbuhan perdu dan lumut, sedangkan fauna yang ada di bioma tundra adalah hewan yang memiliki bulu tebal untuk menahan suhu dingin. Ancaman terhadap bioma tundra semakin meningkat karena perubahan iklim dan aktivitas manusia. Oleh karena itu, perlindungan terhadap flora dan fauna yang ada di bioma tundra sangatlah penting.

ArtikelFlora dan Fauna Bioma Tundra

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM