TEKNOBGT
Tanggal Bahasa Jepang
Tanggal Bahasa Jepang

Tanggal Bahasa Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki budaya yang sangat unik dan menarik untuk dipelajari. Tidak hanya itu, bahasa Jepang juga merupakan salah satu bahasa yang menarik untuk dipelajari. Salah satu hal yang perlu dipelajari ketika belajar bahasa Jepang adalah cara menyebutkan tanggal dalam bahasa Jepang.

Cara Menyebutkan Tanggal dalam Bahasa Jepang

Dalam bahasa Jepang, tanggal disebutkan dengan cara yang berbeda dari pada bahasa Indonesia. Berikut adalah cara menyebutkan tanggal dalam bahasa Jepang:

1. Angka 1 sampai dengan 10:

1 = ichi

2 = ni

3 = san

4 = yon

5 = go

6 = roku

7 = shichi

8 = hachi

9 = kyuu

10 = juu

2. Angka 11 sampai dengan 20:

11 = juuichi

12 = juuni

13 = juusan

14 = juuyon

15 = juugo

16 = juuroku

17 = juushichi

18 = juuhachi

19 = juukyuu

20 = nijuu

3. Tanggal 1 sampai dengan 31:

Tanggal dalam bahasa Jepang disebutkan dengan cara menggabungkan angka dari puluhan dan satuan. Contohnya, tanggal 1 disebutkan dengan ichi-nichi, tanggal 2 disebutkan dengan ni-nichi, dan seterusnya sampai dengan tanggal 10 yang disebutkan dengan juu-nichi.

Setelah tanggal 10, cara menyebutkan tanggal menjadi sedikit berbeda. Tanggal 11 disebutkan dengan juuichi-nichi, tanggal 12 disebutkan dengan juuni-nichi, dan seterusnya hingga tanggal 20 yang disebutkan dengan hatsuka. Setelah tanggal 20, cara menyebutkan tanggal kembali menggabungkan puluhan dan satuan, contohnya tanggal 21 disebutkan dengan nijuuichi-nichi, tanggal 22 disebutkan dengan nijuuni-nichi, dan seterusnya.

Contoh Kalimat dalam Bahasa Jepang

Berikut adalah contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang menggunakan tanggal:

1. Kyou wa ichi-nichi desu. (Hari ini tanggal 1.)

2. Ashita wa ni-nichi desu. (Besok tanggal 2.)

3. Ototoi wa juu-nichi deshita. (Kemarin tanggal 10.)

4. Kotoshi no shigatsu hatsuka ni shiken ga arimasu. (Pada tanggal 20 April tahun ini akan ada ujian.)

Kesimpulan

Menyebutkan tanggal dalam bahasa Jepang memiliki cara tersendiri yang perlu dipelajari. Dalam bahasa Jepang, tanggal disebutkan dengan menggabungkan puluhan dan satuan. Untuk tanggal 1 sampai dengan 10, angka disebutkan secara terpisah sedangkan untuk tanggal 11 sampai dengan 20 dan setelah tanggal 20, angka disebutkan secara bersama-sama. Contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang menggunakan tanggal juga perlu dipelajari untuk memperkaya kosakata dalam bahasa Jepang.

Artikel Tanggal Bahasa Jepang

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM