TEKNOBGT
Nama Lain Al Quran Beserta Dalilnya
Nama Lain Al Quran Beserta Dalilnya

Nama Lain Al Quran Beserta Dalilnya

Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi panduan hidup dan ajaran agama. Kitab ini memiliki banyak nama lain yang sering disebut oleh para ulama dan umat Islam. Berikut adalah nama-nama lain Al Quran beserta dalilnya:

1. Al Furqan

Al Furqan artinya pemisah antara yang hak dan yang batil. Nama ini disebutkan dalam surat Al Furqan ayat 1. Pemisahan antara yang hak dan yang batil merupakan salah satu tujuan utama Al Quran sebagai kitab suci. Al Quran mengajarkan manusia untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk.

2. Al Kitab

Al Kitab artinya kitab suci. Nama ini sering disebutkan dalam Al Quran sebagai kitab yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran merupakan kitab suci terakhir yang diwahyukan oleh Allah SWT.

3. Al Huda

Al Huda artinya petunjuk. Nama ini disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 185. Al Quran dianggap sebagai petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

4. Al Dhikr

Al Dhikr artinya peringatan atau pengingat. Nama ini disebutkan dalam surat Al Hijr ayat 9. Al Quran dianggap sebagai pengingat bagi manusia agar selalu mengingat Allah SWT dan menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran.

5. Al Bashir

Al Bashir artinya pembawa kabar gembira. Nama ini disebutkan dalam surat Al Isra ayat 9. Al Quran dianggap sebagai pembawa kabar gembira bagi umat Islam yang beriman dan beramal saleh.

6. Al Nadhir

Al Nadhir artinya pemberi peringatan. Nama ini disebutkan dalam surat Al Ahzab ayat 45. Al Quran dianggap sebagai pemberi peringatan bagi manusia agar menghindari perbuatan dosa dan selalu berbuat kebaikan.

7. Al Mubin

Al Mubin artinya terang benderang atau jelas. Nama ini disebutkan dalam surat Al Nahl ayat 89. Al Quran dianggap sebagai kitab yang jelas dan mudah dipahami oleh manusia.

8. Al Burhan

Al Burhan artinya bukti atau argumentasi. Nama ini disebutkan dalam surat Al Nisa ayat 174. Al Quran dianggap sebagai bukti atas kebenaran ajaran Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

9. Al Khalq

Al Khalq artinya penciptaan. Nama ini disebutkan dalam surat Al An’am ayat 101. Al Quran dianggap sebagai kitab yang menceritakan tentang penciptaan alam semesta dan segala isinya.

10. Al Rahmat

Al Rahmat artinya rahmat atau kasih sayang. Nama ini disebutkan dalam surat Al A’raf ayat 204. Al Quran dianggap sebagai rahmat dari Allah SWT kepada manusia sebagai panduan hidup dan ajaran agama.

11. Al Qalam

Al Qalam artinya pena. Nama ini disebutkan dalam surat Al Qalam ayat 1. Al Quran dianggap sebagai kitab yang ditulis dengan pena yang mulia dan indah oleh para malaikat.

12. Al Haqq

Al Haqq artinya kebenaran. Nama ini disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 2. Al Quran dianggap sebagai kitab yang mengandung kebenaran dan tidak terdapat kesalahan di dalamnya.

13. Al Majeed

Al Majeed artinya mulia atau agung. Nama ini disebutkan dalam surat Fussilat ayat 41. Al Quran dianggap sebagai kitab yang mulia dan agung karena berisi ajaran-ajaran agama yang suci.

14. Al Kalam

Al Kalam artinya firman Allah. Nama ini disebutkan dalam surat Al Qiyamah ayat 4. Al Quran dianggap sebagai firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup umat Islam.

15. Al Bayan

Al Bayan artinya keterangan atau penjelasan. Nama ini disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 185. Al Quran dianggap sebagai kitab yang memberikan keterangan atau penjelasan tentang ajaran-ajaran agama.

16. Al Mursalat

Al Mursalat artinya yang diutus. Nama ini disebutkan dalam surat Al Mursalat ayat 1. Al Quran dianggap sebagai kitab yang diutus oleh Allah SWT sebagai panduan hidup dan ajaran agama untuk umat manusia.

17. Al Waqiah

Al Waqiah artinya yang pasti terjadi. Nama ini disebutkan dalam surat Al Waqiah ayat 77-79. Al Quran dianggap sebagai kitab yang pasti terjadi dan tidak bisa diubah karena merupakan firman Allah SWT yang maha kuasa.

18. Al Mutaqin

Al Mutaqin artinya orang-orang yang bertakwa. Nama ini disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 2-5. Al Quran dianggap sebagai kitab yang diturunkan untuk orang-orang yang bertakwa dan ingin mendapatkan ridha Allah SWT.

19. Al Muqaddas

Al Muqaddas artinya suci atau murni. Nama ini disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 97. Al Quran dianggap sebagai kitab yang suci dan murni karena diwahyukan oleh Allah SWT.

20. Al Hikmah

Al Hikmah artinya hikmah atau kebijaksanaan. Nama ini disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 231. Al Quran dianggap sebagai kitab yang penuh hikmah dan kebijaksanaan karena berisi ajaran-ajaran agama yang bisa dijadikan pedoman hidup manusia.

Kesimpulan

Al Quran memiliki banyak nama lain yang sering disebutkan oleh para ulama dan umat Islam. Setiap nama memiliki makna dan dalil tersendiri yang bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Artikel Nama Lain Al Quran Beserta Dalilnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM