TEKNOBGT
Pengertian Sumber Hukum Islam
Pengertian Sumber Hukum Islam

Pengertian Sumber Hukum Islam

Islam adalah agama yang memiliki pandangan hidup yang komprehensif. Selain mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, Islam juga mengatur hubungan antar manusia serta hubungan manusia dengan lingkungan sekitar. Pengaturan tersebut dikenal dengan istilah hukum Islam. Hukum Islam merupakan peraturan yang berasal dari sumber-sumber tertentu. Sumber-sumber tersebut dikenal dengan istilah sumber hukum Islam.

Sumber Hukum Islam

Sumber hukum Islam terdiri dari beberapa jenis. Berikut penjelasannya:

Al-Quran

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Kitab ini dianggap sebagai sumber hukum tertinggi dalam Islam. Al-Quran mengandung berbagai perintah dan larangan yang dijadikan sebagai dasar pembentukan hukum Islam.

Hadis

Hadis adalah catatan tentang perkataan, perbuatan, dan kehidupan Nabi Muhammad saw. Hadis menjadi sumber hukum kedua setelah Al-Quran. Hadis memberikan penjelasan lebih detail mengenai perintah dan larangan yang terdapat di Al-Quran.

Ijma

Ijma adalah kesepakatan ulama tentang suatu masalah. Ijma juga dianggap sebagai sumber hukum Islam. Kesepakatan ulama terbentuk melalui diskusi dan konsultasi mengenai suatu masalah hukum Islam.

Qiyas

Qiyas adalah analogi. Qiyas digunakan untuk menyelesaikan masalah yang tidak terdapat dalam Al-Quran dan Hadis. Qiyas dilakukan dengan membandingkan masalah yang ada dengan masalah yang serupa yang sudah ada dalam Al-Quran dan Hadis.

Penerapan Sumber Hukum Islam

Sumber hukum Islam digunakan sebagai dasar pembentukan hukum Islam. Hukum Islam diterapkan di negara-negara yang menganut sistem hukum Islam. Beberapa negara yang menganut sistem hukum Islam antara lain Arab Saudi, Iran, dan Pakistan.

Sistem hukum Islam juga diterapkan di Indonesia. Di Indonesia, hukum Islam diterapkan untuk mengatur masalah yang berkaitan dengan agama Islam seperti pernikahan, waris, dan zakat. Hukum Islam juga dijadikan sebagai dasar pembentukan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan agama Islam.

Kesimpulan

Sumber hukum Islam terdiri dari Al-Quran, Hadis, Ijma, dan Qiyas. Sumber-sumber tersebut digunakan sebagai dasar pembentukan hukum Islam. Hukum Islam diterapkan di negara-negara yang menganut sistem hukum Islam. Di Indonesia, hukum Islam diterapkan untuk mengatur masalah yang berkaitan dengan agama Islam.

Artikel Pengertian Sumber Hukum Islam

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM