TEKNOBGT
Tsunami Terbesar di Dunia
Tsunami Terbesar di Dunia

Tsunami Terbesar di Dunia

Tsunami adalah gelombang besar yang terjadi di laut akibat adanya gempa bumi di dasar laut. Gelombang tsunami bisa mencapai ketinggian ratusan meter dan bergerak dengan kecepatan tinggi. Tsunami terbesar di dunia pernah terjadi di beberapa wilayah di dunia. Berikut ini adalah tsunami terbesar di dunia yang pernah terjadi.

Tsunami Aceh 2004

Tsunami Aceh terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 9,3 skala richter yang terjadi di Samudra Hindia. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 200.000 orang meninggal dunia dan sekitar 1,7 juta orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Aceh juga menjadi bencana alam terbesar yang pernah terjadi di Indonesia.

Tsunami Tohoku 2011

Tsunami Tohoku terjadi pada tanggal 11 Maret 2011. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 9 skala richter yang terjadi di lepas pantai Jepang. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 15.000 orang meninggal dunia dan sekitar 2.500 orang hilang. Tsunami Tohoku juga mengakibatkan kerusakan pada reaktor nuklir Fukushima Daiichi yang menjadi bencana nuklir terburuk sejak Chernobyl di Uni Soviet tahun 1986.

Tsunami Sumatra 2005

Tsunami Sumatra terjadi pada tanggal 28 Maret 2005. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 8,7 skala richter yang terjadi di lepas pantai Sumatra. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 1.000 orang meninggal dunia dan sekitar 500.000 orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Sumatra juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Aceh dan Sumatra Utara.

Tsunami Jawa 2006

Tsunami Jawa terjadi pada tanggal 17 Juli 2006. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 7,7 skala richter yang terjadi di lepas pantai Jawa. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 600 orang meninggal dunia dan sekitar 150.000 orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Jawa juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tsunami Chile 1960

Tsunami Chile terjadi pada tanggal 22 Mei 1960. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 9,5 skala richter yang terjadi di lepas pantai Chile. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 1.000 orang meninggal dunia dan sekitar 2 juta orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Chile juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Chile dan Argentina.

Tsunami Alaska 1964

Tsunami Alaska terjadi pada tanggal 27 Maret 1964. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 9,2 skala richter yang terjadi di lepas pantai Alaska. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 120 orang meninggal dunia dan sekitar 5.000 orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Alaska juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Alaska dan Kanada.

Tsunami Lisbon 1755

Tsunami Lisbon terjadi pada tanggal 1 November 1755. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 8,7 skala richter yang terjadi di lepas pantai Lisbon, Portugal. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 60.000 orang meninggal dunia dan sekitar 85% bangunan di kota Lisbon hancur. Tsunami Lisbon juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Portugal, Spanyol, dan Maroko.

Tsunami Papua Nugini 1998

Tsunami Papua Nugini terjadi pada tanggal 17 Juli 1998. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 7,1 skala richter yang terjadi di lepas pantai Papua Nugini. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 2.000 orang meninggal dunia dan sekitar 10.000 orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Papua Nugini juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Papua Nugini.

Tsunami Samoa 2009

Tsunami Samoa terjadi pada tanggal 29 September 2009. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 8,0 skala richter yang terjadi di lepas pantai Samoa. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 200 orang meninggal dunia dan sekitar 5.000 orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Samoa juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Samoa dan Amerika Serikat.

Tsunami Sulawesi Tengah 2018

Tsunami Sulawesi Tengah terjadi pada tanggal 28 September 2018. Tsunami ini terjadi akibat gempa bumi dengan kekuatan 7,5 skala richter yang terjadi di lepas pantai Sulawesi Tengah. Tsunami ini mengakibatkan lebih dari 4.000 orang meninggal dunia dan sekitar 200.000 orang kehilangan tempat tinggal. Tsunami Sulawesi Tengah juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan infrastruktur di wilayah Sulawesi Tengah.

Kesimpulan

Tsunami adalah bencana alam yang sangat dahsyat dan mengerikan. Tsunami terbesar di dunia pernah terjadi di beberapa wilayah di dunia seperti Aceh, Tohoku, Sumatra, Jawa, Chile, Alaska, Lisbon, Papua Nugini, Samoa, dan Sulawesi Tengah. Tsunami ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi manusia dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan siap menghadapi bencana tsunami dengan cara melakukan evakuasi dan membangun infrastruktur yang tahan terhadap bencana alam.

Artikel Tsunami Terbesar di Dunia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM