Akuntansi Anggaran: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya
Akuntansi Anggaran: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Akuntansi Anggaran: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Akuntansi anggaran merupakan salah satu jenis akuntansi yang bertujuan untuk merencanakan dan mengontrol pengeluaran keuangan secara efektif dan efisien. Dalam akuntansi anggaran, dilakukan penganggaran yang terdiri dari perencanaan anggaran, penganggaran, pelaksanaan, dan evaluasi anggaran.

Pengertian Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran adalah suatu sistem pengelolaan keuangan yang melibatkan perencanaan pengeluaran, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap penggunaan anggaran secara efektif dan efisien.

Perencanaan anggaran dilakukan dengan memperkirakan pengeluaran yang akan dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu. Penganggaran dilakukan dengan memetakan sumber pendapatan dan pengeluaran yang akan dilakukan. Pelaksanaan anggaran dilakukan dengan melaksanakan kegiatan sesuai dengan anggaran yang telah disusun. Sedangkan evaluasi anggaran dilakukan dengan membandingkan antara pengeluaran yang dilakukan dengan anggaran yang telah disusun.

Fungsi Akuntansi Anggaran

Ada beberapa fungsi dari akuntansi anggaran, diantaranya:

1. Sebagai alat pengendalian pengeluaran

Dengan adanya anggaran, pengeluaran akan lebih terkontrol dan sesuai dengan rencana. Hal ini akan meminimalkan terjadinya pemborosan dan pengeluaran yang tidak perlu.

2. Sebagai alat perencanaan keuangan

Anggaran dapat digunakan sebagai alat perencanaan keuangan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan adanya anggaran, perencanaan keuangan dapat lebih terarah dan terukur.

3. Sebagai alat evaluasi kinerja

Dengan membandingkan antara pengeluaran yang dilakukan dengan anggaran yang telah disusun, dapat diketahui apakah pengeluaran sudah sesuai dengan rencana atau tidak. Jika pengeluaran sudah sesuai dengan rencana, maka kinerja dapat dinilai baik.

Manfaat Akuntansi Anggaran

Manfaat dari akuntansi anggaran adalah:

1. Meminimalkan pemborosan

Dengan adanya anggaran, pengeluaran akan lebih terkontrol dan sesuai dengan rencana. Hal ini akan meminimalkan terjadinya pemborosan dan pengeluaran yang tidak perlu.

2. Menghindari kekurangan dana

Dengan adanya perencanaan anggaran, dapat diketahui besarnya anggaran yang dibutuhkan dan sumber dana yang akan digunakan. Hal ini akan menghindari kekurangan dana yang dapat menghambat pelaksanaan kegiatan.

3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Dengan adanya anggaran, pengeluaran akan lebih terkontrol dan sesuai dengan rencana. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan kegiatan.

Kesimpulan

Akuntansi anggaran sangat penting dalam pengelolaan keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Dengan adanya anggaran, pengeluaran dapat lebih terkontrol dan sesuai dengan rencana. Hal ini akan meminimalkan terjadinya pemborosan dan pengeluaran yang tidak perlu serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan kegiatan.

Artikel Akuntansi Anggaran: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM