TEKNOBGT
Bacaan Tahlil dan Artinya: Doa untuk Orang yang Telah Meninggal Dunia
Bacaan Tahlil dan Artinya: Doa untuk Orang yang Telah Meninggal Dunia

Bacaan Tahlil dan Artinya: Doa untuk Orang yang Telah Meninggal Dunia

Jika kita kehilangan seseorang yang kita sayangi, kita pasti merasa kesedihan yang mendalam. Namun, sebagai umat Muslim, kita juga percaya bahwa kematian adalah bagian dari takdir yang harus diterima dengan lapang dada. Selain itu, kita juga memiliki doa-doa dan amalan-amalan yang bisa dilakukan untuk membantu orang yang telah meninggal dunia. Salah satunya adalah bacaan tahlil. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bacaan tahlil dan artinya.

Apa itu Bacaan Tahlil?

Tahlil adalah sebuah kata dalam bahasa Arab yang berarti “membaca dengan lisan”. Dalam konteks keagamaan, tahlil biasanya merujuk pada bacaan doa yang dilakukan untuk orang yang telah meninggal dunia. Bacaan tahlil biasanya dilakukan pada saat acara pengajian atau pada saat pemakaman. Bacaan tahlil ini juga sering disebut dengan istilah “doa selamat” atau “doa arwah”.

Bacaan Tahlil dan Artinya

Bacaan tahlil terdiri dari beberapa ayat Al-Quran dan juga doa-doa yang diucapkan dalam bahasa Arab. Berikut ini adalah bacaan tahlil dan artinya:

1. Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan hidayah dan rahmat-Nya. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada kita semua.

2. Laa ilaaha illallaah. Artinya: Tiada Tuhan selain Allah.

3. Ashhadu anna Muhammadan Rasulullah. Artinya: Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

4. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad. Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.

5. Subhaanallah. Artinya: Maha suci Allah.

6. Alhamdulillah. Artinya: Segala puji bagi Allah.

7. Allahu Akbar. Artinya: Allah Maha Besar.

8. Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah. Artinya: Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

9. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Artinya: Sesungguhnya kita semua milik Allah dan kepada-Nya kita akan kembali.

10. Allahummaghfir lihayyinaa wa mayyitinaa wa syaahidinaa wa gho’ibinaa wa saghiirinaa wa kabirinaa wa dzakarinaa wa untsaanaa. Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami yang masih hidup dan yang telah meninggal, baik yang ada di antara kami yang hadir atau yang tidak hadir, yang muda atau tua, laki-laki atau perempuan.

11. Allahummaj’al kuburahum rodaa’an wa laa hadyaa’an. Artinya: Ya Allah, jadikanlah kuburnya sebagai taman yang indah dan bukan sebagai tempat yang menakutkan.

12. Allahumma yassir lahu hisaabahu wa yassir mizaanahu. Artinya: Ya Allah, mudahkanlah hisabnya dan timbangannya pada hari kiamat.

13. Allahumma laa tahrimnaa ajrahum wa laa tudlilanaa ba’dahum. Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari pahala yang mereka dapatkan dan janganlah Engkau menyesatkan kami setelah mereka pergi.

14. Allahumma anta robbuhum fa arhamhum. Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhan mereka, maka kasihanilah mereka.

15. Allahumma adkhilhumul jannata wa ajirnaa min ‘adzaabi jahannam. Artinya: Ya Allah, masukkanlah mereka ke dalam surga-Mu dan lindungilah kami dari siksa neraka.

16. Allahumma innaa nasaluka imaanan thabitan wa yaqinaan shodiqan wa husnul khotimah. Artinya: Ya Allah, kami memohon iman yang mantap, keyakinan yang benar, dan akhir yang baik.

17. Allahumma ya robbanaa adzhabnal ‘adzaaba fa adzhabhum ‘adzaaban laa yudzaabiru. Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada-Mu agar Engkau tidak memberikan siksa yang tidak tertahankan kepada mereka.

18. Allahumma ajirnaa minannar. Artinya: Ya Allah, lindungilah kami dari api neraka.

19. Allahumma innaa nasaluka husnal khatimah. Artinya: Ya Allah, kami memohon akhir yang baik.

20. Al-Fatihah. Artinya: Surah pembuka Al-Quran yang berisi pujian kepada Allah dan permohonan untuk mendapat petunjuk-Nya.

Kesimpulan

Bacaan tahlil adalah salah satu doa yang bisa dilakukan untuk membantu orang yang telah meninggal dunia. Bacaan tahlil terdiri dari beberapa ayat Al-Quran dan juga doa-doa yang diucapkan dalam bahasa Arab. Dalam bacaan tahlil, kita memohon ampunan dan rahmat Allah untuk orang yang telah meninggal dunia. Semoga dengan melakukan bacaan tahlil, kita bisa memberikan keberkahan dan membantu orang yang telah meninggal dunia menuju kebahagiaan di akhirat kelak.

Artikel Bacaan Tahlil dan Artinya: Doa untuk Orang yang Telah Meninggal Dunia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM