TEKNOBGT
Sholat Ashar Jam Berapa Hari Ini?
Sholat Ashar Jam Berapa Hari Ini?

Sholat Ashar Jam Berapa Hari Ini?

Jika Anda bertanya tentang waktu sholat Ashar hari ini, jawabannya cukup mudah. Waktu sholat Ashar dimulai setelah sholat Dzuhur dan berakhir sebelum masuk waktu Maghrib. Jadi, waktu sholat Ashar pada hari ini tergantung pada waktu masuk Dzuhur dan Maghrib di wilayah Anda.

Penentuan Waktu Sholat Ashar

Penentuan waktu sholat Ashar didasarkan pada perhitungan waktu matahari. Waktu Ashar dimulai saat bayangan benda-benda pada permukaan bumi sama panjangnya dengan benda itu sendiri ditambah panjang bayangan pada waktu dzuhur. Kemudian, waktu Ashar berakhir ketika bayangan benda-benda di permukaan bumi sama panjangnya dengan benda itu sendiri ditambah panjang bayangan pada waktu maghrib.

Setiap daerah memiliki perbedaan waktu sholat Ashar. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui waktu sholat Ashar di wilayah Anda agar tidak terlambat atau terburu-buru dalam melaksanakan sholat.

Keutamaan Sholat Ashar

Sholat Ashar memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim. Menurut hadis, Rasulullah bersabda, “Siapa yang mengerjakan sholat Ashar maka ia akan mendapat perlindungan Allah hingga masuk waktu Maghrib.” Oleh karena itu, sangat disarankan bagi umat Muslim untuk melaksanakan sholat Ashar dengan tepat waktu.

Sholat Ashar juga memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian, sholat Ashar dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental seseorang. Hal ini dikarenakan sholat Ashar dilaksanakan di waktu yang tepat saat matahari masih terik, sehingga dapat membantu menghilangkan kelelahan dan meningkatkan energi.

Cara Melaksanakan Sholat Ashar

Untuk melaksanakan sholat Ashar, Anda harus mengetahui tata cara dan rukun-rukun dalam sholat. Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat Ashar:

  1. Memperbaiki niat atau berniat sholat Ashar
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek pada rakaat pertama dan kedua
  4. Melakukan ruku dan sujud
  5. Membaca tasyahud akhir dan salam

Anda juga harus memperhatikan arah qiblat saat melaksanakan sholat Ashar dan memastikan bahwa pakaian dan tubuh Anda dalam keadaan suci dan bersih.

Penutup

Jadi, jika Anda bertanya tentang waktu sholat Ashar hari ini, jawabannya tergantung pada waktu masuk Dzuhur dan Maghrib di wilayah Anda. Sholat Ashar memiliki banyak keutamaan dan efek positif bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu sangat disarankan untuk melaksanakan sholat Ashar dengan tepat waktu. Untuk melaksanakan sholat Ashar, Anda harus memperhatikan tata cara dan rukun-rukun dalam sholat serta memastikan bahwa pakaian dan tubuh Anda dalam keadaan suci dan bersih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sholat Ashar.

Artikel Sholat Ashar Jam Berapa Hari Ini?

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM