Ayat Perintah Membaca Al Quran
Ayat Perintah Membaca Al Quran

Ayat Perintah Membaca Al Quran

Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi ajaran dan pedoman hidup yang harus diikuti oleh setiap muslim. Membaca Al Quran adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam Al Quran terdapat banyak ayat perintah membaca Al Quran yang harus dipahami dan dijalankan oleh setiap muslim.

Ayat-Ayat Perintah Membaca Al Quran

Beberapa ayat perintah membaca Al Quran yang terdapat dalam Al Quran antara lain:

1. Surat Al Muzzammil ayat 4: “Dan bacalah Al Quran dengan pelan dan tajwid yang benar.”

2. Surat Al Baqarah ayat 121: “Wahai Muhammad, bacalah apa yang diwahyukan kepadamu (Al Quran), dan berpeganglah teguh pada ajarannya.”

3. Surat Al Isra’ ayat 78: “Bacalah Al Quran dengan suara yang merdu dan tidak tergesa-gesa.”

4. Surat Al Furqan ayat 30: “Dan Rasul (Muhammad) berkata, wahai Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al Quran sebagai sesuatu yang diabaikan.”

5. Surat Al Qiyamah ayat 17-19: “Maka apabila Kami telah membacakan Al Quran, maka ikutilah bacaannya dan dengarkanlah dengan tenang.”

6. Surat Al Ahqaf ayat 29: “Dan ketika Kami membacakannya kepadamu (Muhammad), maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

7. Surat Al An’am ayat 91: “Dan janganlah kamu menjadi penolong orang yang kafir.”

8. Surat Al Baqarah ayat 185: “Dan siapa saja di antara kamu yang hadir (di bulan Ramadhan), maka hendaklah ia berpuasa dan siapa saja yang sakit atau sedang dalam perjalanan, maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.”

9. Surat Al Baqarah ayat 197: “Hai orang-orang yang beriman, tetaplah kamu berpuasa seperti yang diperintahkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

10. Surat Al Baqarah ayat 222: “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: Haidh itu adalah suatu kotoran. Oleh sebab itu, janganlah kamu mendekati istrimu selama haidh, sampai ia suci kembali. Janganlah kamu bercampur dengan mereka (para istri) di tempat tidur mereka selama mereka masih dalam haidh.”

11. Surat An Nisa’ ayat 3: “Dan jika kamu khawatir tidak akan bisa berlaku adil terhadap para istri (yang kamu nikahi), maka nikahilah satu saja.”

12. Surat Al Baqarah ayat 228: “Dan perempuan-perempuan mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf, tetapi laki-laki mempunyai satu derajat kelebihan atas mereka.”

13. Surat Al Ahzab ayat 59: “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Hal itu lebih baik, supaya mereka dapat dikenal dan tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

14. Surat Al Baqarah ayat 256: “Tidak ada paksaan dalam beragama. Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.”

15. Surat Al Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

16. Surat Al Baqarah ayat 208: “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan dan janganlah kamu mengikuti jejak syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”

17. Surat Al Baqarah ayat 222: “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: Haidh itu adalah suatu kotoran. Oleh sebab itu, janganlah kamu mendekati istrimu selama haidh, sampai ia suci kembali. Janganlah kamu bercampur dengan mereka (para istri) di tempat tidur mereka selama mereka masih dalam haidh.”

18. Surat An Nahl ayat 98: “Maka apabila kamu membaca Al Quran, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.”

19. Surat Al Ahqaf ayat 29: “Dan ketika Kami membacakannya kepadamu (Muhammad), maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

20. Surat Al Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Kesimpulan

Ayat-ayat perintah membaca Al Quran dalam Al Quran menjadi pedoman bagi setiap muslim dalam menjalankan ibadah membaca Al Quran. Dalam membaca Al Quran, muslim harus memperhatikan tajwid dan mengikuti ajaran yang terkandung di dalam Al Quran. Dengan membaca Al Quran, muslim dapat mendapatkan hidayah dan petunjuk dari Allah SWT. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk membaca Al Quran dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Ayat Perintah Membaca Al Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM