Bacaan Setelah Sholat Tahajud
Bacaan Setelah Sholat Tahajud

Bacaan Setelah Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Biasanya sholat tahajud dilakukan pada malam hari setelah tidur sejenak. Setelah selesai sholat tahajud, ada beberapa bacaan yang disunnahkan untuk dibaca. Berikut ini adalah beberapa bacaan setelah sholat tahajud yang bisa dilakukan:

1. Membaca Doa Setelah Tahajud

Setelah selesai sholat tahajud, sebaiknya membaca doa setelah tahajud. Doa tersebut bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Adapun teks doa setelah tahajud adalah sebagai berikut:

“Allahumma anta al-salam wa minka al-salam, tabarakta ya dhal jalali wal ikram.”

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Maha Sejahtera dan dari-Mu kesejahteraan. Maha Suci Engkau, wahai Pemilik keagungan dan kemuliaan.”

2. Membaca Surat Al-Qadr

Surat Al-Qadr adalah surat yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah sholat tahajud. Surat ini mengandung makna yang sangat dalam tentang kebesaran Allah SWT. Adapun teks surat Al-Qadr adalah sebagai berikut:

“Bismillaahirrahmaanirrahiim

Innaa anzalnaahu fiil lailatil qadri

Wa maa adraaka maa lailatul qadr

Lailatul qadri khairum min alfi shahr

Tanazzalu almalaa’ikatu warruhu fihaa bi izni rabbihim min kulli amr

Salaamun hiya hattaa matla’i alfajr”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahtera malam itu sehingga terbit fajar.”

3. Membaca Doa Keselamatan

Doa keselamatan juga termasuk bacaan setelah sholat tahajud yang sangat dianjurkan. Doa ini bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Adapun teks doa keselamatan adalah sebagai berikut:

“Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’alaka minhu nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alayhi wa sallam wa a’udzu bika min syarri masta’adzaka minhu nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alayhi wa sallam wa anta al-musta’anu wa ‘alayka al-balagu”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebaikan yang dimintakan oleh Nabi Muhamad SAW, dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang dijauhkan oleh Nabi Muhammad SAW. Engkaulah tempat meminta pertolongan dan kepada-Mu pula tempat memohon perlindungan.”

4. Membaca Doa Kekuatan Iman

Doa kekuatan iman juga termasuk bacaan setelah sholat tahajud yang sangat dianjurkan. Doa ini bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Adapun teks doa kekuatan iman adalah sebagai berikut:

“Allahumma rabba hadhihi da’watit-taammah, wassalatil qaaimah, ati Muhammadanil wasilata wal-fadilata, wab’athu maqaman mahmudanil-ladhi wa’adtahu, warzuqna shafa’atahu yawmal qiyamah, innaka la tukhliful-mi’aad”

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang menerima doa yang sempurna dan shalat yang terus-menerus, berikanlah kepada Nabi Muhammad tempat yang terpuji dan keutamaan yang agung, dan bangkitkanlah dia ke tempat yang telah Engkau janjikan kepadanya. Berikanlah kami syafaatnya pada hari kiamat, sesungguhnya Engkau tidak pernah melanggar janji.”

5. Membaca Doa Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Doa kebahagiaan dunia dan akhirat juga termasuk bacaan setelah sholat tahajud yang sangat dianjurkan. Doa ini bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Adapun teks doa kebahagiaan dunia dan akhirat adalah sebagai berikut:

“Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’alaka minhu nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alayhi wa sallam, wa a’udzu bika min syarri masta’adzaka minhu nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alayhi wa sallam, wa anta al-musta’anu wa ‘alayka al-balagu, wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebaikan yang dimintakan oleh Nabi Muhamad SAW, dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang dijauhkan oleh Nabi Muhammad SAW. Engkaulah tempat meminta pertolongan dan kepada-Mu pula tempat memohon perlindungan. Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

6. Membaca Doa Penerimaan Amal

Doa penerimaan amal juga termasuk bacaan setelah sholat tahajud yang sangat dianjurkan. Doa ini bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Adapun teks doa penerimaan amal adalah sebagai berikut:

“Allahumma taqabbal minni salaatii wa siyaamii wa qiyamii wa ‘amalii, wa tawaffanii musliman wa alhiqni bis-saalihiin”

Artinya: “Ya Allah terimalah shalatku, puasaku, ibadahku, dan amalku, serta wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan pertemukanlah aku dengan orang-orang saleh.”

7. Membaca Doa Perlindungan dari Siksa Kubur

Doa perlindungan dari siksa kubur juga termasuk bacaan setelah sholat tahajud yang sangat dianjurkan. Doa ini bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Adapun teks doa perlindungan dari siksa kubur adalah sebagai berikut:

“Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabr, wa a’udzu bika min fitnatil masyahid-dajjal, wa a’udzu bika min fitnatil mahya wal mamat”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian.”

8. Membaca Doa Penyembuhan Penyakit

Doa penyembuhan penyakit juga termasuk bacaan setelah sholat tahajud yang sangat dianjurkan. Doa ini bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Adapun teks doa penyembuhan penyakit adalah sebagai berikut:

“Allahumma rabban-naasi adhhibil ba’sa, isyfi anta syafi, laa syifa’a ill

Artikel Bacaan Setelah Sholat Tahajud

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM