TEKNOBGT
Idul Adha Tanggal Berapa?
Idul Adha Tanggal Berapa?

Idul Adha Tanggal Berapa?

Idul Adha adalah salah satu hari raya besar umat Islam yang diperingati setiap tahunnya. Hari raya ini juga dikenal dengan nama Idul Qurban atau Hari Raya Haji. Pada hari raya Idul Adha, umat Islam merayakan kisah nabi Ibrahim yang siap mempersembahkan putranya, Ismail, kepada Allah SWT. Namun, Allah SWT menggantinya dengan seekor domba sebagai pengganti Ismail. Oleh karena itu, pada hari raya Idul Adha, umat Islam mengadakan ritual penyembelihan hewan sebagai bentuk penghormatan atas kisah nabi Ibrahim tersebut.

Kapan Tanggal Idul Adha?

Tanggal Idul Adha setiap tahunnya berbeda-beda, karena mengikuti penanggalan Islam yang berbeda dengan penanggalan Gregorian yang digunakan secara umum. Tanggal Idul Adha ditentukan berdasarkan penampakan hilal pada bulan Dzulhijjah. Bulan Dzulhijjah sendiri merupakan bulan ke-12 dalam kalender Islam.

Untuk menentukan tanggal Idul Adha, umat Islam melihat penampakan hilal pada malam ke-29 bulan Dzulqaidah. Jika hilal terlihat, maka besok hari itu adalah tanggal 1 Dzulhijjah. Namun, jika tidak terlihat, maka malam berikutnya akan dilakukan pengamatan kembali. Jika hilal terlihat pada malam ke-30, maka besok hari itu adalah tanggal 1 Dzulhijjah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka tanggal Idul Adha dapat berbeda-beda di tiap negara, tergantung dari hasil pengamatan hilal pada masing-masing negara tersebut.

Tanggal Idul Adha di Indonesia

Di Indonesia, tanggal Idul Adha ditentukan berdasarkan hasil pengamatan hilal yang dilakukan oleh pihak Kementerian Agama. Menurut Kementerian Agama, untuk tahun 2021, Idul Adha jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Namun, tanggal tersebut masih bisa berubah tergantung dari hasil pengamatan hilal yang dilakukan pada malam ke-29 dan ke-30 bulan Dzulqaidah.

Sebelum tanggal Idul Adha, umat Islam di Indonesia sudah mempersiapkan diri dengan membeli hewan kurban. Hewan kurban yang biasa dipilih adalah sapi atau kambing. Namun, karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi dalam penyembelihan hewan kurban, seperti pembatasan jumlah orang dan lokasi penyembelihan.

Makna Idul Adha

Idul Adha memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam. Hari raya ini mengajarkan umat Islam untuk selalu siap mengorbankan segalanya demi Allah SWT. Seperti yang terjadi pada kisah nabi Ibrahim, yang siap mempersembahkan putranya sebagai bentuk kepatuhan dan penghormatan kepada Allah SWT.

Makna Idul Adha juga mengajarkan umat Islam untuk selalu menghargai sesama, terutama orang yang membutuhkan. Setelah penyembelihan hewan kurban, dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang kepada sesama.

Kegiatan Idul Adha

Ada beberapa kegiatan yang umum dilakukan oleh umat Islam dalam rangka merayakan Idul Adha, antara lain:

1. Shalat Idul Adha

Shalat Idul Adha dilakukan pada pagi hari tanggal 10 Dzulhijjah. Shalat ini dilakukan secara berjamaah di masjid atau lapangan terbuka. Shalat Idul Adha juga dilengkapi dengan khutbah yang mengingatkan umat Islam tentang makna Idul Adha.

2. Penyembelihan hewan kurban

Penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah shalat Idul Adha. Hewan kurban yang dipilih haruslah sehat dan berkualitas. Setelah disembelih, dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

3. Berkumpul dengan keluarga dan kerabat

Idul Adha juga menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Biasanya, diadakan acara makan-makan dan saling memberikan ucapan selamat Idul Adha.

4. Berzakat

Idul Adha juga menjadi momen untuk berzakat. Zakat yang diberikan pada hari raya Idul Adha disebut dengan zakat fitrah. Zakat fitrah ini diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama fakir miskin.

Kesimpulan

Idul Adha adalah hari raya besar umat Islam yang diperingati setiap tahunnya. Tanggal Idul Adha ditentukan berdasarkan hasil pengamatan hilal pada bulan Dzulhijjah. Di Indonesia, tanggal Idul Adha ditentukan oleh pihak Kementerian Agama. Makna Idul Adha adalah penghormatan dan kepatuhan kepada Allah SWT, serta menghargai sesama. Ada beberapa kegiatan yang umum dilakukan pada hari raya Idul Adha, antara lain shalat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban, berkumpul dengan keluarga dan kerabat, serta berzakat. Selamat merayakan Idul Adha!

Artikel Idul Adha Tanggal Berapa?

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM