TEKNOBGT
Dongeng Yang Berkaitan dengan Bencana Alam
Dongeng Yang Berkaitan dengan Bencana Alam

Dongeng Yang Berkaitan dengan Bencana Alam

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia hidup berdampingan dengan alam. Seperti yang kita ketahui bersama, bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mempersiapkan diri dengan baik dan mengambil pelajaran dari kisah-kisah dongeng yang berkaitan dengan bencana alam.

Cerita Si Jangkung dan Banjir Bandang

Ada sebuah cerita rakyat yang mengisahkan tentang seorang petani bernama Si Jangkung. Suatu hari, tanah petani tersebut diguyur hujan yang sangat lebat sehingga mengakibatkan banjir bandang. Si Jangkung yang tidak bisa berenang, langsung mencari perlindungan di pohon besar yang berada dekat sungai.

Saat banjir surut, Si Jangkung keluar dari persembunyiannya dan melihat keadaan sekitar. Tanah pertanian yang sebelumnya subur, kini rusak dan tandus akibat banjir bandang. Si Jangkung pun menyadari betapa pentingnya membangun tanggul dan menanam pohon-pohon di tepi sungai untuk menghindari terjadinya banjir bandang di masa mendatang.

Cerita Roro Jonggrang dan Letusan Gunung Merapi

Selain banjir banjir, bencana alam lainnya adalah letusan gunung berapi. Cerita rakyat yang berkaitan dengan letusan gunung Merapi adalah kisah tentang Roro Jonggrang. Menurut cerita tersebut, Roro Jonggrang adalah seorang putri yang dijadikan sebagai tumbal untuk menghentikan letusan gunung Merapi.

Pada akhirnya, Roro Jonggrang berhasil mengelabui para penduduk desa dan tidak menjadi tumbal. Namun, dari cerita ini kita bisa belajar bahwa bencana alam seperti letusan gunung Merapi bisa sangat merugikan bagi manusia dan lingkungan sekitar.

Cerita Legenda Banyuwangi dan Tsunami

Bencana alam yang paling dahsyat adalah tsunami. Kisah legenda Banyuwangi menceritakan tentang sebuah desa yang dihantam oleh tsunami besar. Dalam cerita tersebut, penduduk desa yang selamat dari bencana tersebut membangun sebuah candi sebagai bentuk penghormatan kepada dewa-dewa yang telah menyelamatkan mereka.

Dari cerita ini, kita bisa belajar bahwa manusia tidak bisa menghindari bencana alam, namun kita bisa mempersiapkan diri dan menghormati alam sebagai bentuk terima kasih atas keselamatan yang diberikan.

Kesimpulan

Dongeng yang berkaitan dengan bencana alam mengajarkan kita untuk mempersiapkan diri dan menghormati alam. Kita tidak bisa menghindari bencana alam, namun kita bisa meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan dengan cara membangun tanggul, menanam pohon-pohon di tepi sungai, dan menghormati alam sebagai bentuk terima kasih atas keselamatan yang diberikan.

Artikel Dongeng Yang Berkaitan dengan Bencana Alam

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM