TEKNOBGT
Alat Musik dari Barang Bekas
Alat Musik dari Barang Bekas

Alat Musik dari Barang Bekas

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan seni. Salah satu yang terkenal adalah musik tradisional yang dimainkan dengan berbagai alat musik. Namun, tidak semua orang mampu membeli alat musik mahal untuk memainkannya. Oleh karena itu, banyak seniman dan musisi kreatif yang menciptakan alat musik dari barang bekas.

1. Gitar dari Kaleng Bekas

Gitar merupakan alat musik yang populer dan banyak digunakan. Namun, harga gitar yang asli dan berkualitas tinggi dapat mencapai jutaan rupiah. Untuk mengatasi hal itu, banyak orang menciptakan gitar dari kaleng bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan memotong kaleng bekas menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan ukuran gitar. Kemudian, pasang senar pada bagian yang sudah dibuat tadi. Hasilnya, gitar dari kaleng bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup baik.

2. Kendang dari Botol Bekas

Kendang merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik tradisional Indonesia. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan kendang dari botol bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa botol bekas yang ukurannya sama. Kemudian, potong botol tersebut menjadi beberapa bagian dan pasang pada rangka kayu yang sudah disiapkan. Hasilnya, kendang dari botol bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup mirip dengan kendang asli.

3. Seruling dari Bambu Bekas

Seruling merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik tradisional Indonesia. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan seruling dari bambu bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan memilih bambu bekas yang masih bagus dan mudah dibentuk. Kemudian, potong bambu tersebut menjadi beberapa bagian dan buat lubang-lubang pada bagian yang sesuai dengan nada seruling. Hasilnya, seruling dari bambu bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup baik.

4. Cajon dari Kotak Kayu Bekas

Cajon merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik modern. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan cajon dari kotak kayu bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan kotak kayu bekas yang ukurannya sesuai dengan ukuran cajon. Kemudian, potong kotak kayu tersebut menjadi beberapa bagian dan pasang pada rangka kayu yang sudah disiapkan. Hasilnya, cajon dari kotak kayu bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup mirip dengan cajon asli.

5. Marakas dari Botol Plastik Bekas

Marakas merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik tradisional Indonesia. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan marakas dari botol plastik bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa botol plastik bekas yang ukurannya sama. Kemudian, potong botol tersebut menjadi beberapa bagian dan isi dengan biji-bijian atau benda kecil lainnya. Hasilnya, marakas dari botol plastik bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup baik.

6. Angklung dari Pipa PVC Bekas

Angklung merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik tradisional Indonesia. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan angklung dari pipa PVC bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa pipa PVC bekas yang ukurannya sama. Kemudian, potong pipa tersebut menjadi beberapa bagian dan pasang pada rangka kayu yang sudah disiapkan. Hasilnya, angklung dari pipa PVC bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup mirip dengan angklung asli.

7. Drum dari Ember Plastik Bekas

Drum merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik modern. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan drum dari ember plastik bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa ember plastik bekas yang ukurannya sama. Kemudian, potong ember tersebut menjadi beberapa bagian dan pasang pada rangka kayu yang sudah disiapkan. Hasilnya, drum dari ember plastik bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup mirip dengan drum asli.

8. Gamelan dari Kaleng Bekas

Gamelan merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik tradisional Indonesia. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan gamelan dari kaleng bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa kaleng bekas yang ukurannya sama dan memotongnya menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan ukuran gamelan. Kemudian, pasang pada rangka kayu yang sudah disiapkan. Hasilnya, gamelan dari kaleng bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup baik.

9. Harpa dari Kain Bekas

Harpa merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik modern dan klasik. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan harpa dari kain bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa kain bekas yang ukurannya sama dan memotongnya menjadi bentuk harpa. Kemudian, pasang senar pada bagian yang sudah dibuat tadi. Hasilnya, harpa dari kain bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup baik.

10. Piano dari Botol Plastik Bekas

Piano merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik modern dan klasik. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan piano dari botol plastik bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa botol plastik bekas yang ukurannya sama dan memotongnya menjadi bentuk piano. Kemudian, pasang senar pada bagian yang sudah dibuat tadi. Hasilnya, piano dari botol plastik bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup baik.

11. Terompet dari Pipa PVC Bekas

Terompet merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik modern dan marching band. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan terompet dari pipa PVC bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa pipa PVC bekas yang ukurannya sama dan memotongnya menjadi bentuk terompet. Kemudian, pasang mulut pada bagian yang sudah dibuat tadi. Hasilnya, terompet dari pipa PVC bekas dapat menghasilkan bunyi yang cukup baik.

12. Ukulele dari Kotak Kayu Bekas

Ukulele merupakan alat musik yang biasa digunakan dalam musik modern. Namun, harganya yang mahal membuat banyak orang kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, banyak orang menciptakan ukulele dari kotak kayu bekas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan kotak kayu bekas yang ukurannya sesuai dengan ukuran ukulele. Kemudian, potong kotak kayu tersebut menjadi beberapa bagian dan pasang pada rangka kayu yang sudah disiapkan. Hasilnya

Artikel Alat Musik dari Barang Bekas

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM