TEKNOBGT
Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2016
Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2016

Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2016

Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Pada tahun 2016, jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 260 juta jiwa. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat.

Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Pertumbuhan penduduk Indonesia terus meningkat seiring dengan waktu. Pada tahun 1960, jumlah penduduk Indonesia hanya sekitar 87 juta jiwa. Namun, pada tahun 2016, jumlah penduduk sudah mencapai lebih dari 260 juta jiwa. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya angka kelahiran dan penurunan angka kematian di Indonesia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2016, angka kelahiran di Indonesia mencapai sekitar 2,5 juta jiwa per tahun. Sedangkan, angka kematian di Indonesia hanya sekitar 1 juta jiwa per tahun.

Distribusi Penduduk di Indonesia

Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa. Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 140 juta jiwa. Selain itu, sebagian besar penduduk Indonesia juga tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Namun, meskipun sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di daerah perkotaan, masih terdapat sekitar 70 juta jiwa penduduk Indonesia yang tinggal di daerah pedesaan. Kehidupan di pedesaan Indonesia masih sangat dipengaruhi oleh kegiatan pertanian dan perikanan.

Permasalahan Penduduk Indonesia

Meskipun jumlah penduduk Indonesia sangat besar, namun masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh penduduk Indonesia. Salah satu permasalahan utama adalah tingginya tingkat kemiskinan di Indonesia.

Menurut data dari BPS, pada tahun 2016, tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai sekitar 10,7%. Hal ini disebabkan oleh masih rendahnya tingkat pendidikan dan kesempatan kerja yang tersedia di Indonesia.

Kebijakan Pemerintah

Untuk mengatasi permasalahan penduduk di Indonesia, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan adalah program keluarga berencana atau KB.

Program KB bertujuan untuk mengurangi angka kelahiran di Indonesia agar tidak terjadi ledakan penduduk yang berdampak pada tingkat kemiskinan dan pengangguran. Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesempatan kerja di Indonesia.

Kesimpulan

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2016 mencapai lebih dari 260 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk Indonesia terus meningkat seiring dengan waktu dan sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa dan daerah perkotaan. Meskipun jumlah penduduk Indonesia sangat besar, namun masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh penduduk Indonesia seperti tingginya tingkat kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatasi permasalahan penduduk di Indonesia.

Artikel Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2016

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM