TEKNOBGT
Hewan Langka di Dunia Beserta Keterangannya
Hewan Langka di Dunia Beserta Keterangannya

Hewan Langka di Dunia Beserta Keterangannya

Hewan langka adalah hewan yang populasinya semakin menurun dan mungkin terancam punah. Ada banyak hewan langka di dunia yang perlu kita ketahui dan lindungi agar tidak menghilang dari bumi ini. Berikut ini adalah beberapa hewan langka di dunia beserta keterangannya:

1. Harimau Siberia

Harimau Siberia atau Panthera tigris altaica adalah hewan langka yang hanya ditemukan di Rusia. Populasinya semakin menurun karena perburuan dan kerusakan habitat. Harimau Siberia merupakan harimau terbesar di dunia, dengan berat mencapai 300 kg. Harimau Siberia dilindungi oleh pemerintah Rusia dan juga diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

2. Gajah Sumatera

Gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus adalah spesies gajah yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia. Populasinya semakin menurun akibat perburuan, pengrusakan habitat, dan konflik dengan manusia. Gajah Sumatera memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan gajah Asia lainnya, dengan tinggi sekitar 2,5 meter. Gajah Sumatera dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

3. Orangutan Sumatera

Orangutan Sumatera atau Pongo abelii adalah spesies orangutan yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia. Populasinya semakin menurun akibat pengrusakan habitat dan perburuan. Orangutan Sumatera memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan orangutan Kalimantan, dengan berat sekitar 70 kg. Orangutan Sumatera dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

4. Kuda Przewalski

Kuda Przewalski atau Equus przewalskii adalah spesies kuda liar yang hanya ditemukan di Mongolia. Populasinya semakin menurun akibat perburuan dan pengrusakan habitat. Kuda Przewalski memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan kuda domestik, dengan tinggi sekitar 1,2 meter. Kuda Przewalski dilindungi oleh pemerintah Mongolia dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

5. Panda Raksasa

Panda Raksasa atau Ailuropoda melanoleuca adalah spesies beruang yang hanya ditemukan di China. Populasinya semakin menurun akibat pengrusakan habitat dan perburuan. Panda Raksasa memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan beruang lainnya, dengan berat sekitar 100 kg. Panda Raksasa dilindungi oleh pemerintah China dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

6. Badak Jawa

Badak Jawa atau Rhinoceros sondaicus adalah spesies badak yang hanya ditemukan di Pulau Jawa, Indonesia. Populasinya semakin menurun akibat perburuan dan pengrusakan habitat. Badak Jawa memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan badak lainnya, dengan berat sekitar 2 ton. Badak Jawa dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

7. Koala

Koala atau Phascolarctos cinereus adalah spesies marsupial yang hanya ditemukan di Australia. Populasinya semakin menurun akibat pengrusakan habitat dan perburuan. Koala memiliki ukuran kecil, dengan berat sekitar 15 kg. Koala dilindungi oleh pemerintah Australia dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

8. Kura-kura Belimbing

Kura-kura Belimbing atau Astrochelys yniphora adalah spesies kura-kura yang hanya ditemukan di Madagaskar. Populasinya semakin menurun akibat perburuan dan pengrusakan habitat. Kura-kura Belimbing memiliki ukuran kecil, dengan panjang sekitar 30 cm. Kura-kura Belimbing dilindungi oleh pemerintah Madagaskar dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

9. Ikan Pari Hantu

Ikan Pari Hantu atau Manta birostris adalah spesies pari yang hanya ditemukan di lautan tropis. Populasinya semakin menurun akibat perburuan dan pengrusakan habitat. Ikan Pari Hantu memiliki ukuran besar, dengan lebar sayap sekitar 7 meter. Ikan Pari Hantu dilindungi oleh pemerintah beberapa negara dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

10. Singa Afrika Barat

Singa Afrika Barat atau Panthera leo senegalensis adalah spesies singa yang hanya ditemukan di Afrika Barat. Populasinya semakin menurun akibat perburuan dan pengrusakan habitat. Singa Afrika Barat memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan singa lainnya, dengan berat sekitar 150 kg. Singa Afrika Barat dilindungi oleh pemerintah beberapa negara dan diakui sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.

Kesimpulan

Hewan langka di dunia perlu kita ketahui dan lindungi agar tidak menghilang dari bumi ini. Populasi hewan langka semakin menurun akibat perburuan, pengrusakan habitat, dan konflik dengan manusia. Dengan menjaga dan melestarikan hewan langka, kita dapat memperkaya keanekaragaman hayati dan menjaga keseimbangan ekosistem di bumi ini.

Artikel Hewan Langka di Dunia Beserta Keterangannya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM