TEKNOBGT
Teka Teki Alkitab dan Jawabannya
Teka Teki Alkitab dan Jawabannya

Teka Teki Alkitab dan Jawabannya

Alkitab adalah kitab suci bagi umat Kristen yang berisi tentang ajaran Tuhan dan kisah-kisah perjalanan orang-orang terpilih. Di dalam Alkitab terdapat banyak teka-teki yang menarik untuk dipecahkan. Berikut adalah beberapa teka-teki Alkitab dan jawabannya.

1. Siapakah yang Dinamai Menurut Kucing?

Pada Kitab 2 Samuel 12:1-4, dikisahkan bahwa nabi Natan datang kepada Raja Daud dan memberikan sebuah teka-teki. Teka-teki tersebut berisi tentang seorang kaya yang memiliki banyak domba, sedangkan tetangganya yang miskin hanya memiliki seekor anak kucing. Si kaya mengambil anak kucing itu dan memeliharanya seperti anak sendiri. Kemudian, datanglah seorang tamu yang datang berkunjung kepadanya, dan si kaya tidak mau mengambil domba-dombanya untuk dijadikan santapan tamu tersebut, melainkan mengambil anak kucing tetangganya yang miskin tersebut. Siapakah yang dinamai menurut kucing? Jawabannya adalah Daud, karena nama Daud berasal dari kata “dod” yang artinya kucing.

2. Ada Berapa Kaki dalam Kitab Mazmur?

Pada Kitab Mazmur 119:105, dikatakan bahwa “Firman-Mu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Meskipun demikian, tidak terdapat informasi tentang jumlah kaki dalam Kitab Mazmur. Oleh karena itu, jawabannya adalah tidak ada.

3. Siapakah yang Memiliki Kekuatan Sepuluh Orang?

Pada Kitab Hakim-hakim 14:5-6, dikisahkan tentang Samson yang hendak menikahi seorang wanita Filistin. Ketika Samson dan orangtuanya menuju ke rumah wanita itu, seekor singa muncul dan menyerang Samson. Namun, Samson berhasil membunuh singa tersebut dengan tangan kosong. Dalam Kitab Hakim-hakim 14:19, dikatakan bahwa “Roh Tuhan turun atas dia dengan kuat, maka ia merobek-robeknya seperti orang merobek-robek anak kambing.” Oleh karena itu, jawabannya adalah Samson.

4. Apa yang Terjadi Ketika Orang Bicara Kepada Batu?

Pada Kitab Bilangan 20:7-12, dikisahkan tentang Musa yang diminta oleh Tuhan untuk membawa air dari sebuah batu di padang gurun. Namun, Musa dan Harun marah kepada orang-orang Israel dan berkata kepada mereka, “Rendahkanlah dirimu di hadapan kami, bahwa kami dapat memberikan air bagimu dari batu ini.” Ketika Musa memukul batu tersebut, air keluar dan orang-orang Israel dapat minum. Namun, karena Musa tidak menghormati Tuhan dan berkata kepada orang-orang Israel untuk merendahkan diri di hadapannya, Tuhan mengatakan kepadanya bahwa ia tidak akan dapat memasuki Tanah Perjanjian. Oleh karena itu, jawabannya adalah air akan keluar dari batu, tetapi orang yang berbicara kepada batu itu akan menerima hukuman dari Tuhan.

5. Siapakah yang Memiliki Tiga Belas Anak Perempuan?

Pada Kitab Yosua 17:3-6, dikisahkan tentang anak-anak dari Manasye, salah satu suku Israel. Anak-anak perempuan Manasye meminta kepada Yosua agar mereka dapat menerima bagian pusaka di antara saudara-saudara laki-lakinya. Yosua menyetujuinya dan memberikan mereka bagian pusaka yang layak. Oleh karena itu, jawabannya adalah anak-anak perempuan Manasye.

6. Apa yang Dimiliki oleh Semua Orang, Tetapi Tidak Dapat Dilihat?

Pada Kitab 2 Korintus 4:18, dikatakan bahwa “kita tidak memandang pada yang kelihatan, melainkan pada yang tidak kelihatan, sebab yang kelihatan itu sementara, tetapi yang tidak kelihatan itu kekal.” Oleh karena itu, jawabannya adalah iman.

7. Siapakah yang Menjadi Raja pada Usia Dua Belas Tahun?

Pada Kitab 2 Raja-raja 21:1-2, dikisahkan tentang Manasye, raja di Yerusalem. Manasye menjadi raja pada usia dua belas tahun dan memerintah selama lima puluh lima tahun. Namun, Manasye melakukan banyak perbuatan jahat di mata Tuhan dan akhirnya dihukum oleh Tuhan. Oleh karena itu, jawabannya adalah Manasye.

8. Apa yang Dapat Merusak Kebenaran, Tetapi Tidak Dapat Merusak Fakta?

Pada Kitab Roma 3:3-4, dikatakan bahwa “Jika ada yang tidak percaya, apakah kepercayaannya itu akan merusak kesetiaan Allah? Tidak sama sekali! Allah tetap setia, meskipun setiap manusia adalah pendusta. Seperti ada tertulis: Engkau dinyatakan benar dalam segala perkataan-Mu dan mengalahkan ketika Engkau dihakimi.” Oleh karena itu, jawabannya adalah kepercayaan manusia dapat merusak kebenaran, tetapi fakta selalu menjadi fakta.

9. Siapakah yang Memiliki Empat Kepala dan Empat Sayap?

Pada Kitab Yesaya 6:1-3, dikisahkan tentang Yesaya yang melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan mulia. Di sekelilingnya terdapat para malaikat yang memiliki enam sayap. Namun, tidak terdapat informasi tentang malaikat yang memiliki empat kepala dan empat sayap dalam Alkitab. Oleh karena itu, jawabannya adalah tidak ada.

10. Apa yang Dapat Dijumpai di Tengah-tengah Surga?

Pada Kitab Wahyu 22:1-2, dikatakan bahwa “Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan yang bersih jernih, yang mengalir dari takhta Allah dan Anak Domba. Di tengah-tengah jalan kota itu dan di sebelah-selatannya terdapat pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali setahun, setiap bulan berbuah sekali, dan daun-daunnya menjadi obat bagi bangsa-bangsa.” Oleh karena itu, jawabannya adalah sungai air kehidupan dan pohon kehidupan.

11. Siapakah yang Memiliki Seribu Istri?

Pada Kitab 1 Raja-raja 11:1-3, dikisahkan tentang Raja Salomo yang memiliki banyak istri dari bangsa-bangsa lain. Salomo memiliki tujuh ratus istri dan tiga ratus selir. Namun, karena Salomo memperistri banyak wanita asing, ia mulai menyembah dewa-dewa mereka dan akhirnya dihukum oleh Tuhan. Oleh karena itu, jawabannya adalah Raja Salomo.

12. Apa yang Bisa Menghentikan Api?

Pada Kitab Mazmur 46:1-3, dikatakan bahwa “Allah itu tempat kami berlindung dan kekuatan kami, tolongan yang sangat akrab pada saat kesesakan. Sebab itu kita tidak takut, sekalipun bumi berguncang dan gunung-gunung berada di dasar laut, sekalipun gelombang laut membumbung dan bergelora, dan gunung-gunung gemetar oleh karena kebesaran-Nya.” Oleh karena itu, jawabannya adalah kekuatan Allah yang dapat menghentikan api.

13. Siapakah yang Memiliki Empat Kaki dan Empat Kepala?

Pada Kitab Yehezkiel 1:5-7, dikisahkan tentang Yehezkiel yang melihat suatu penglihatan dari Tuhan. Yehezkiel melihat

Artikel Teka Teki Alkitab dan Jawabannya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM