TEKNOBGT
Contoh Recount Text Pendek

Recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali suatu kejadian atau pengalaman. Teks ini biasanya ditulis dalam bentuk narasi kronologis yang mengikuti urutan waktu. Contoh recount text pendek berikut dapat membantu Anda memahami jenis teks ini secara lebih baik.

Contoh 1: Liburan ke Pantai

Pada musim panas lalu, saya pergi liburan ke pantai bersama keluarga saya. Kami pergi dengan mobil dan perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam. Kami tiba di pantai sekitar jam 11 pagi.

Kami langsung pergi ke pantai dan menikmati keindahan pantai. Saya dan adik saya langsung bermain di pasir dan berenang di air laut yang jernih. Kami juga mencoba untuk surfing, tapi ternyata sulit sekali.

Pada sore hari, kami makan siang bersama di restoran pantai. Saya memesan ikan bakar yang sangat enak. Setelah itu, kami kembali bermain di pantai sampai sore hari.

Ketika matahari mulai terbenam, kami kembali ke hotel dan bersiap-siap untuk makan malam. Kami makan malam di restoran hotel dan mencicipi makanan khas daerah setempat. Setelah itu, kami tidur nyenyak di kamar hotel.

Contoh 2: Pengalaman Pertama Menyetir

Pada usia 17 tahun, saya belajar menyetir mobil. Saya pergi ke sekolah mengemudi dan belajar selama 2 minggu. Setelah itu, saya mencoba menyetir mobil sendiri untuk pertama kalinya.

Awalnya, saya merasa sangat gugup dan takut. Namun, setelah beberapa menit, saya mulai merasa nyaman dan bisa mengendarai mobil dengan lancar. Saya mengemudi di jalan raya dan mencoba berbagai teknik yang saya pelajari di sekolah mengemudi.

Saat saya sedang mengemudi, tiba-tiba ada mobil yang muncul dari belakang dengan kecepatan tinggi dan menyalip mobil saya dengan sangat dekat. Saya merasa sangat ketakutan dan hampir saja terjadi kecelakaan. Namun, saya berhasil mengendalikan mobil dan menghindari kecelakaan.

Setelah itu, saya belajar banyak dari pengalaman tersebut dan menjadi lebih hati-hati saat mengemudi. Sekarang, saya sudah bisa mengendarai mobil dengan lancar dan merasa lebih percaya diri.

Kesimpulan

Dari contoh recount text pendek di atas, kita dapat melihat bagaimana teks ini menceritakan kembali suatu kejadian atau pengalaman dengan narasi kronologis yang mengikuti urutan waktu. Dalam menulis recount text, penting untuk memperhatikan struktur teks dan memilih kejadian atau pengalaman yang menarik untuk dibagikan.