Contoh Laporan Study Tour: Pengalaman Seru Keliling Indonesia

Study tour merupakan salah satu kegiatan yang sangat diantisipasi oleh para pelajar dan mahasiswa. Selain mendapatkan ilmu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan mengalami pengalaman berbeda. Salah satu tugas yang harus dilakukan setelah menjalani study tour adalah membuat laporan. Nah, kali ini kita akan membahas contoh laporan study tour yang bisa menjadi referensi kamu dalam membuat laporan.

Pengenalan

Pada tanggal 1-10 Juni 2021, kami, para siswa dan siswi SMA Negeri 1 Jakarta, melakukan study tour ke beberapa tempat wisata di Indonesia. Study tour ini dilakukan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan kami tentang keanekaragaman budaya dan keindahan alam Indonesia.

Tujuan

Tujuan dari study tour ini adalah untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya dan keindahan alam Indonesia kepada para siswa dan siswi. Selain itu, kami juga bertujuan untuk memperluas wawasan tentang hutan, laut, dan gunung di Indonesia.

Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan kami dimulai dari Jakarta dan berakhir di Bali. Kami mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Taman Nasional Komodo, dan Pantai Kuta Bali.

Hari Pertama: Jakarta – Malang

Kami berangkat dari Jakarta pada pagi hari dan tiba di Malang pada sore hari. Kami menginap di hotel di Malang dan besok pagi akan melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Hari Kedua: Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

Kami bangun pagi-pagi sekali untuk menikmati sunrise di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Kami juga melakukan hiking ke puncak Gunung Bromo dan mengunjungi kawah Gunung Bromo. Setelah itu, kami kembali ke hotel di Malang untuk istirahat.

Hari Ketiga: Malang – Labuan Bajo

Kami berangkat dari Malang ke Labuan Bajo pada pagi hari. Setelah tiba di Labuan Bajo, kami langsung menuju Taman Nasional Komodo untuk melihat komodo yang terkenal di sana.

Hari Keempat: Taman Nasional Komodo

Di Taman Nasional Komodo, kami melihat komodo dan juga melakukan snorkeling di laut Flores. Kami juga mengunjungi Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Hari Kelima: Labuan Bajo – Bali

Kami kembali ke Labuan Bajo dan terbang ke Bali pada pagi hari. Setelah tiba di Bali, kami langsung menuju Pantai Kuta untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai.

Hari Keenam – Sepuluh: Bali

Di Bali, kami mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Tanah Lot, Ubud, dan Gunung Batur. Kami juga mengunjungi pura dan museum untuk memperdalam pengetahuan kami tentang sejarah dan budaya Bali.

Kesimpulan

Study tour kali ini sangat berkesan dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi kami. Kami belajar banyak tentang keanekaragaman budaya dan keindahan alam Indonesia. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung study tour ini.