Contoh Mad Badal dalam Al-Quran
Contoh Mad Badal dalam Al-Quran

Contoh Mad Badal dalam Al-Quran

Mad Badal merupakan salah satu ilmu tajwid yang berkaitan dengan perubahan huruf atau bunyi dalam Al-Quran. Dalam ilmu tajwid, ada beberapa jenis Mad Badal yang harus dipahami oleh setiap pembaca Al-Quran. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh Mad Badal dalam Al-Quran.

1. Mad Badal Aridh

Mad Badal Aridh terjadi ketika huruf mim bertemu dengan huruf ra dalam satu kata. Contoh Mad Badal Aridh dalam Al-Quran dapat ditemukan pada Surah Al-Qashas ayat 28:

“Fa-lamma qadaha Musa al-ajala wa lam yaruddhu qala ya Musa ma ajaalaka an taraka man khalaqa rabbuka min tibaa’ wa inna al-mursala lahu la yalisauna illa yumin al-Haq qa’ila al-qawmu inna la mudrakuna.”

Perhatikan kata “qadaha”, huruf mim pada kata ini mengalami Mad Badal Aridh karena bertemu dengan huruf ra pada kata “rauddhu”.

2. Mad Badal Munfasil

Mad Badal Munfasil terjadi ketika huruf mim bertemu dengan huruf ya dalam satu kata. Contoh Mad Badal Munfasil dalam Al-Quran dapat ditemukan pada Surah Al-Qiyamah ayat 4:

“Bal yuridu kullu insanin an yasudda faja’alna hu ma’ama yasuddu.”

Perhatikan kata “yuridu”, huruf mim pada kata ini mengalami Mad Badal Munfasil karena bertemu dengan huruf ya pada kata “yasuddu”.

3. Mad Badal Mushaddad

Mad Badal Mushaddad terjadi ketika huruf mim atau nun bertemu dengan huruf yang sama pada kata selanjutnya. Contoh Mad Badal Mushaddad dalam Al-Quran dapat ditemukan pada Surah Al-Fath ayat 1:

“Inna fatahna laka fathan mubina.”

Perhatikan kata “fatahna”, huruf nun pada kata ini mengalami Mad Badal Mushaddad karena bertemu dengan huruf nun pada kata selanjutnya yaitu “laka”.

4. Mad Badal Muttasil

Mad Badal Muttasil terjadi ketika huruf mim atau nun bertemu dengan huruf yang sama pada kata sebelumnya. Contoh Mad Badal Muttasil dalam Al-Quran dapat ditemukan pada Surah Al-Qiyamah ayat 4:

“Bal yuridu kullu insanin an yasudda faja’alna hu ma’ama yasuddu.”

Perhatikan kata “yuridu”, huruf nun pada kata ini mengalami Mad Badal Muttasil karena bertemu dengan huruf nun pada kata sebelumnya yaitu “Bal”.

5. Mad Badal Wajib Muttasil

Mad Badal Wajib Muttasil terjadi ketika huruf mim atau nun bertemu dengan huruf yang sama pada kata sebelumnya dan kata selanjutnya. Contoh Mad Badal Wajib Muttasil dalam Al-Quran dapat ditemukan pada Surah Al-Muzzammil ayat 20:

“Inna rabbaka ya’lamu annaka taqumu adna min thuluthayi allayli wa nisfahu wa thuluthahu wa ta’ifatun mina alladheena ma’aka.”

Perhatikan kata “taqumu”, huruf nun pada kata ini mengalami Mad Badal Wajib Muttasil karena bertemu dengan huruf nun pada kata sebelumnya yaitu “annaka” dan huruf nun pada kata selanjutnya yaitu “adna”.

6. Mad Badal Ja’iz Muttasil

Mad Badal Ja’iz Muttasil terjadi ketika huruf mim atau nun bertemu dengan huruf yang sama pada kata selanjutnya dan tidak wajib. Contoh Mad Badal Ja’iz Muttasil dalam Al-Quran dapat ditemukan pada Surah An-Naml ayat 88:

“Wa la tada’na ala Allahi ilahan akhara laqadithna aka annaka la kadifaqa fi shay’in wa ma yudlilu ka anni al-musri’un.”

Perhatikan kata “laqadithna”, huruf nun pada kata ini mengalami Mad Badal Ja’iz Muttasil karena bertemu dengan huruf nun pada kata selanjutnya yaitu “aka”.

Kesimpulan

Dalam ilmu tajwid, Mad Badal merupakan salah satu ilmu penting yang harus dipahami oleh setiap pembaca Al-Quran. Dalam artikel ini, kita telah membahas contoh-contoh Mad Badal dalam Al-Quran seperti Mad Badal Aridh, Mad Badal Munfasil, Mad Badal Mushaddad, Mad Badal Muttasil, Mad Badal Wajib Muttasil, dan Mad Badal Ja’iz Muttasil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin memperdalam ilmu tajwid dalam membaca Al-Quran.

Artikel Contoh Mad Badal dalam Al-Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM