Hewan Khas Bali: Keunikan dan Keindahan Alam Pulau Dewata
Hewan Khas Bali: Keunikan dan Keindahan Alam Pulau Dewata

Hewan Khas Bali: Keunikan dan Keindahan Alam Pulau Dewata

Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya yang memukau, namun juga memiliki keunikan flora dan fauna yang tak kalah menariknya. Pulau Dewata memiliki beberapa jenis hewan khas Bali yang hanya bisa ditemukan di sana. Apa saja hewan-hewan tersebut? Mari kita simak bersama!

1. Babi Hutan Bali

Babi hutan Bali atau biasa disebut dengan babi hutan berduri adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Habitatnya terletak di hutan-hutan Bali dan sering dijumpai di wilayah Taman Nasional Bali Barat. Babi hutan Bali memiliki ciri khas berupa bulu-bulu pendek dan duri di punggungnya yang membuatnya terlihat unik. Sayangnya, populasi babi hutan Bali semakin menurun akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

2. Bekantan

Bekantan atau monyet hidung besar adalah hewan primata yang hanya bisa ditemukan di wilayah Kalimantan dan Bali. Di Bali, bekantan hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Bali Barat. Bekantan memiliki hidung yang besar dan khas, serta memiliki ekor yang panjang. Hewan ini terancam punah akibat hilangnya habitatnya dan perburuan liar.

3. Jalak Bali

Jalak Bali adalah burung khas Bali yang sering dijadikan sebagai hiasan dalam berbagai upacara adat. Burung ini memiliki warna putih dengan garis hitam di bagian kepala dan ekornya. Jalak Bali hanya bisa ditemukan di Bali dan saat ini terancam punah akibat perdagangan liar dan hilangnya habitatnya.

4. Kijang Bali

Kijang Bali atau biasa disebut dengan muntjac adalah salah satu hewan khas Bali yang hanya bisa ditemukan di sana. Hewan ini memiliki ciri khas berupa ukuran tubuh yang kecil dengan warna bulu cokelat kemerahan. Kijang Bali hidup di hutan-hutan Bali dan saat ini terancam punah akibat hilangnya habitatnya.

5. Lutung Bali

Lutung Bali atau biasa disebut dengan lutung hitam Bali adalah hewan primata yang hanya bisa ditemukan di Bali. Lutung Bali memiliki warna bulu hitam dan putih yang kontras dengan wajahnya yang berwarna putih. Hewan ini hidup di hutan-hutan Bali dan saat ini terancam punah akibat hilangnya habitatnya.

6. Macan Tutul Bali

Macan tutul Bali adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Hewan ini memiliki ciri khas berupa pola tutul-tutul yang ada di bulunya. Macan tutul Bali hidup di hutan-hutan Bali dan saat ini terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

7. Musang Bali

Musang Bali adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Hewan ini memiliki ciri khas berupa bulu hitam dengan garis putih di bagian perutnya. Musang Bali hidup di hutan-hutan Bali dan saat ini terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

8. Rusa Bali

Rusa Bali atau biasa disebut dengan Bali starling adalah burung khas Bali yang sering dijadikan sebagai hiasan dalam berbagai upacara adat. Burung ini memiliki warna putih dengan garis hitam di bagian kepala dan ekornya. Rusa Bali hanya bisa ditemukan di Bali dan saat ini terancam punah akibat perdagangan liar dan hilangnya habitatnya.

9. Siamang

Siamang adalah hewan primata yang hanya bisa ditemukan di wilayah Kalimantan dan Bali. Di Bali, siamang hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Bali Barat. Siamang memiliki ukuran tubuh yang besar dan memiliki suara yang khas. Hewan ini terancam punah akibat hilangnya habitatnya dan perburuan liar.

10. Tarsius Bali

Tarsius Bali atau biasa disebut dengan kera hantu adalah hewan primata yang hanya bisa ditemukan di Bali. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan tangan dan kaki yang panjang. Tarsius Bali hidup di hutan-hutan Bali dan saat ini terancam punah akibat hilangnya habitatnya.

11. Ular Sanca Kembang Bali

Ular sanca kembang Bali adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Ular ini memiliki ciri khas berupa warna kulitnya yang belang hitam dan putih. Ular sanca kembang Bali hidup di hutan-hutan Bali dan saat ini terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

12. Walet Bali

Walet Bali atau biasa disebut dengan walet putih adalah burung khas Bali yang sering dijadikan sebagai sumber penghasilan masyarakat Bali. Burung ini hidup di gua-gua dan membuat sarang dari air liurnya yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan sarang burung walet. Walet Bali terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

13. Buaya Air Tawar Bali

Buaya air tawar Bali adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Buaya ini hidup di sungai-sungai Bali dan memiliki ukuran tubuh yang kecil dibandingkan dengan jenis buaya lainnya. Buaya air tawar Bali terancam punah akibat pembangunan dan hilangnya habitatnya.

14. Kupu-kupu Bali

Kupu-kupu Bali adalah salah satu hewan khas Bali yang sering dijadikan sebagai objek wisata. Di Bali terdapat beberapa tempat wisata kupu-kupu seperti Taman Kupu-kupu Bali dan Bali Butterfly Park. Kupu-kupu Bali memiliki warna yang indah dan sering dijadikan sebagai hiasan dalam berbagai upacara adat.

15. Penyu Hijau

Penyu hijau adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Penyu ini hidup di pantai-pantai Bali dan sering dijadikan sebagai sumber penghasilan masyarakat Bali. Penyu hijau terancam punah akibat perdagangan liar dan hilangnya habitatnya.

16. Sepat Mutiara

Sepat mutiara adalah ikan air tawar khas Bali yang terancam punah. Ikan ini hidup di sungai-sungai Bali dan memiliki ciri khas berupa warna putih keperakan yang indah. Sepat mutiara terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

17. Siam Bali

Siam Bali adalah ikan air tawar khas Bali yang terancam punah. Ikan ini hidup di sungai-sungai Bali dan memiliki ciri khas berupa warna merah kekuningan yang indah. Siam Bali terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

18. Udang Karang Bali

Udang karang Bali adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Udang ini hidup di perairan Bali dan sering dijadikan sebagai sumber penghasilan masyarakat Bali. Udang karang Bali terancam punah akibat perburuan liar dan kerusakan terumbu karang.

19. Ular Tedung Bali

Ular tedung Bali adalah salah satu hewan khas Bali yang terancam punah. Ular ini memiliki ciri khas berupa warna kulitnya yang belang hitam dan kuning. Ular tedung Bali hidup di hutan-hutan Bali dan saat ini terancam punah akibat perburuan liar dan hilangnya habitatnya.

20. Wader Bali

W

Artikel Hewan Khas Bali: Keunikan dan Keindahan Alam Pulau Dewata

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM