Lagu Wajib dan Penciptanya
Lagu Wajib dan Penciptanya

Lagu Wajib dan Penciptanya

Lagu wajib adalah lagu yang harus dinyanyikan pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional. Lagu ini menjadi simbol perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Namun, siapa sebenarnya pencipta lagu-lagu tersebut? Berikut adalah beberapa lagu wajib dan penciptanya:

1. Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan Indonesia yang digubah oleh W.R. Supratman pada tahun 1928. Lagu ini pertama kali dinyanyikan pada saat Kongres Pemuda II di Jakarta. W.R. Supratman adalah seorang musisi dan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia juga pernah menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan mengajukan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan di depan sidang PBB.

2. Mars Pancasila

Mars Pancasila merupakan lagu yang diciptakan oleh Soegijanto Soegijoko pada tahun 1964. Lagu ini menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional. Soegijanto Soegijoko adalah seorang seniman dan budayawan yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1973-1978.

3. Hymne Guru

Hymne Guru merupakan lagu yang diciptakan oleh Ibu Sud pada tahun 1955. Lagu ini menjadi lagu wajib pada saat Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. Ibu Sud adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu Indonesia yang telah merilis banyak lagu hits di Indonesia.

4. Rayuan Pulau Kelapa

Rayuan Pulau Kelapa merupakan lagu yang diciptakan oleh Ismail Marzuki pada tahun 1947. Lagu ini menceritakan tentang keindahan pulau kelapa yang terletak di Teluk Jakarta. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional. Ismail Marzuki adalah seorang komponis dan penyanyi Indonesia yang telah menciptakan banyak lagu hits di Indonesia.

5. Garuda Pancasila

Lagu Garuda Pancasila merupakan lagu pengiring dalam pelaksanaan upacara bendera. Lagu ini diciptakan oleh Sudharnoto pada tahun 1958. Sudharnoto adalah seorang musikus dan komponis yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1978-1983.

6. Tanah Airku

Tanah Airku merupakan lagu yang diciptakan oleh Ibu Sud pada tahun 1945. Lagu ini menceritakan tentang keindahan alam Indonesia dan kecintaan pada tanah air. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

7. Indonesia Pusaka

Lagu Indonesia Pusaka merupakan lagu yang diciptakan oleh Ismail Marzuki pada tahun 1938. Lagu ini menceritakan tentang kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

8. Berkibarlah Benderaku

Berkibarlah Benderaku merupakan lagu yang diciptakan oleh Husein Mutahar pada tahun 1950. Lagu ini menceritakan tentang kebanggaan menjadi warga negara Indonesia dan kecintaan pada bendera Merah Putih. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

9. Syukur

Lagu Syukur merupakan lagu yang diciptakan oleh H. Mutahar pada tahun 1967. Lagu ini menceritakan tentang rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

10. Ibu Kita Kartini

Lagu Ibu Kita Kartini merupakan lagu yang diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman pada tahun 1947. Lagu ini menceritakan tentang kehidupan Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan nasional Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat peringatan Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April.

11. Halo-Halo Bandung

Halo-Halo Bandung merupakan lagu yang diciptakan oleh Ismail Marzuki pada tahun 1949. Lagu ini menceritakan tentang keindahan kota Bandung yang terkenal dengan kesejukan dan keindahan alamnya. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

12. Indonesia Tumpah Darahku

Lagu Indonesia Tumpah Darahku merupakan lagu yang diciptakan oleh Alm. Ibu Sud pada tahun 1947. Lagu ini menceritakan tentang kecintaan pada tanah air dan perjuangan para pahlawan. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

13. Bendera Merah Putih

Lagu Bendera Merah Putih merupakan lagu yang diciptakan oleh Alm. Ibu Sud pada tahun 1950. Lagu ini menceritakan tentang kebanggaan menjadi warga negara Indonesia dan kecintaan pada bendera Merah Putih. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

14. Maju Tak Gentar

Lagu Maju Tak Gentar merupakan lagu yang diciptakan oleh Cornel Simanjuntak pada tahun 1961. Lagu ini menceritakan semangat untuk terus maju dan tidak gentar menghadapi tantangan. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu wajib pada saat upacara bendera di sekolah maupun saat upacara nasional.

15. Garuda di Dadaku

Lagu Garuda di Dadaku merupakan lagu tema dari film Garuda di Dadaku yang dirilis pada tahun 2009. Lagu ini menceritakan tentang semangat untuk terus berjuang dan meraih cita-cita. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu yang populer pada saat ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa lagu wajib dan penciptanya. Lagu-lagu tersebut menjadi simbol perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Kita harus selalu menghargai jasa-jasa para pahlawan tersebut dengan terus melestarikan lagu-lagu wajib tersebut.

Artikel Lagu Wajib dan Penciptanya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM