Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia
Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya adalah tembaga. Tembaga sendiri memiliki berbagai jenis penggunaan seperti untuk kabel listrik, pipa, dan juga untuk pembuatan peralatan elektronik. Di Indonesia, terdapat beberapa daerah penghasil tembaga yang cukup terkenal. Berikut adalah beberapa daerah penghasil tembaga di Indonesia:

1. Papua

Daerah penghasil tembaga pertama yang cukup terkenal adalah Papua. Papua memiliki tambang tembaga terbesar di Indonesia yaitu Grasberg. Tambang ini dikelola oleh PT Freeport Indonesia dan merupakan tambang terbesar ketiga di dunia. Produksi tembaga di Grasberg mencapai 500 ribu ton per tahun.

2. Sumbawa

Sumbawa juga merupakan salah satu daerah penghasil tembaga yang cukup terkenal di Indonesia. Terdapat tambang tembaga di daerah Batu Hijau yang dikelola oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 200 ribu ton per tahun.

3. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan juga merupakan daerah penghasil tembaga yang cukup terkenal. Terdapat tambang tembaga di daerah Luwu Timur yang dikelola oleh PT Vale Indonesia Tbk. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 70 ribu ton per tahun.

4. Jawa Barat

Jawa Barat juga memiliki tambang tembaga yang cukup terkenal yaitu tambang Cibaliung. Tambang ini dikelola oleh PT Aneka Tambang Tbk dan telah beroperasi sejak tahun 1991. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 7 ribu ton per tahun.

5. Maluku Utara

Maluku Utara juga memiliki tambang tembaga yaitu tambang Wetar. Tambang ini dikelola oleh PT Vale Indonesia Tbk dan telah beroperasi sejak tahun 2009. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 25 ribu ton per tahun.

6. Jawa Tengah

Jawa Tengah juga memiliki tambang tembaga yaitu tambang Sumbawa Besar. Tambang ini dikelola oleh PT Freeport Indonesia dan telah beroperasi sejak tahun 2000. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 10 ribu ton per tahun.

7. Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur juga memiliki tambang tembaga yaitu tambang Elang. Tambang ini dikelola oleh PT Freeport Indonesia dan telah beroperasi sejak tahun 2003. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 20 ribu ton per tahun.

8. Kalimantan Barat

Kalimantan Barat juga memiliki tambang tembaga yaitu tambang Sebuku. Tambang ini dikelola oleh PT Borneo Sebuku dan telah beroperasi sejak tahun 1992. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 5 ribu ton per tahun.

9. Aceh

Aceh juga memiliki tambang tembaga yaitu tambang Batu Hijau. Tambang ini dikelola oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara dan telah beroperasi sejak tahun 2000. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 10 ribu ton per tahun.

10. Bengkulu

Bengkulu juga memiliki tambang tembaga yaitu tambang Damar. Tambang ini dikelola oleh PT Bumi Resources Minerals Tbk dan telah beroperasi sejak tahun 2009. Produksi tembaga di tambang ini mencapai 7 ribu ton per tahun.

Kesimpulan

Dari daerah-daerah penghasil tembaga yang telah disebutkan di atas, dapat diketahui bahwa Indonesia memang memiliki potensi yang besar sebagai penghasil tembaga. Produksi tembaga di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun dan diharapkan dapat meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian nasional.

Artikel Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM