Firman Allah Tentang Asmaul Husna
Firman Allah Tentang Asmaul Husna

Firman Allah Tentang Asmaul Husna

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah dan mulia. Nama-nama ini terdapat dalam Al-Quran dan disebutkan dalam banyak ayat. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran tentang Asmaul Husna:

1. Al-Quran Surat Al-A’raf ayat 180

“Dan bagi Allah-lah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya; nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya menyebut Asmaul Husna dalam beribadah kepada Allah SWT. Allah berfirman bahwa hanya Dia-lah yang memiliki Asmaul Husna dan kita sebagai hamba-Nya harus bermohon kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya itu.

2. Al-Quran Surat Al-Isra ayat 110

“Katakanlah: “Berdoalah kepada Allah atau berdoalah kepada Ar-Rahman; dengan nama yang mana saja kamu menyebut-Nya, maka bagi-Nya-lah asmaul husna.” Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam mengeraskan doa dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara yang demikian itu.”

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT memiliki banyak nama dan kita dapat memanggil-Nya dengan nama apa saja yang kita inginkan. Namun, kita harus menghormati-Nya dengan tidak mengeraskan suara dalam mengeraskan doa dan tidak merendahkannya.

3. Al-Quran Surat Thaha ayat 8

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Memiliki asmaul husna (nama-nama yang baik).”

Ayat ini menunjukkan bahwa hanya Allah SWT yang memiliki Asmaul Husna dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia. Kita sebagai hamba-Nya harus mengagungkan dan memuji-Nya dengan Asmaul Husna.

4. Al-Quran Surat Al-Hasyr ayat 22-24

“Dia-lah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; Yang mempunyai asmaul husna (nama-nama yang baik).”

“Dan apakah kamu mengetahui? Sesungguhnya Allah-lah yang mengampuni dosa dan menerima taubat, lagi Maha Penyayang.”

“Dan katakanlah: “Bertindaklah (sekehendakmu), karena Allah melihat apa yang kamu kerjakan, dan begitu pula Rasul-Nya dan orang-orang mukmin.”

Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT memiliki Asmaul Husna dan Dia-lah yang mengampuni dosa dan menerima taubat. Kita sebagai hamba-Nya harus bertindak dengan baik karena Allah SWT selalu melihat apa yang kita kerjakan.

5. Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 255

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, sedangkan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi; dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Ayat ini menunjukkan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Dia memiliki Asmaul Husna dan mengurus semua makhluk-Nya. Kita sebagai hamba-Nya harus mengagungkan dan memuji-Nya dengan Asmaul Husna.

6. Al-Quran Surat Al-Mu’min ayat 60

“Dan bagi Allah-lah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya menyebut Asmaul Husna dalam beribadah kepada Allah SWT. Kita harus bermohon kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya itu dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam menyebut nama-nama-Nya.

Kesimpulan

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah dan mulia. Allah SWT memiliki Asmaul Husna dan kita sebagai hamba-Nya harus mengagungkan dan memuji-Nya dengan Asmaul Husna. Kita juga harus bermohon kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya itu dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam menyebut nama-nama-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Artikel Firman Allah Tentang Asmaul Husna

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM