TEKNOBGT
Surat Al Alaq Beserta Artinya
Surat Al Alaq Beserta Artinya

Surat Al Alaq Beserta Artinya

Surat Al Alaq adalah surat ke-96 dalam Al-Quran yang terdiri dari 19 ayat. Surat ini diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW di gua Hira pada bulan Ramadhan. Surat ini merupakan surat pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

Arti dari Surat Al Alaq

Surat Al Alaq memiliki arti “segumpal darah”. Surat ini dinamakan demikian karena ayat pertama dari surat ini menyebutkan “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan”. Ayat ini menunjukkan pentingnya membaca dan mencari pengetahuan dalam kehidupan.

Isi dari Surat Al Alaq

Surat Al Alaq memuat pesan-pesan penting tentang pentingnya membaca, menuntut ilmu, dan beribadah kepada Allah SWT. Berikut ini isi dari Surat Al Alaq:

Ayat 1-5: Allah mengajarkan manusia melalui pena, tulis, dan bacaan. Sehingga manusia dapat meningkatkan pengetahuannya dan beribadah kepada Allah.

Ayat 6-8: Manusia sangat sombong dan merasa memiliki segalanya. Namun, manusia lupa bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan dan segalanya berasal dari-Nya.

Ayat 9-10: Manusia harus bertindak baik dan berbuat kebajikan agar dapat mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Ayat 11-16: Manusia harus menghindari sikap sombong dan merendahkan orang lain. Orang yang sombong akan mendapatkan siksaan dari Allah SWT.

Ayat 17-19: Allah memberikan karunia kepada manusia dengan melalui kitab suci, agama, dan nabi. Manusia harus taat dan patuh kepada Allah SWT.

Pesan Moral dari Surat Al Alaq

Surat Al Alaq memberikan pesan moral yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pesan-pesan moral tersebut antara lain:

1. Pentingnya membaca dan menuntut ilmu. Surat Al Alaq menunjukkan pentingnya membaca dan menuntut ilmu agar dapat meningkatkan pengetahuan dan beribadah kepada Allah.

2. Kebajikan dan sikap sombong. Surat Al Alaq menunjukkan pentingnya berbuat kebajikan dan menghindari sikap sombong. Orang yang sombong akan mendapatkan siksaan dari Allah SWT.

3. Taat dan patuh kepada Allah. Surat Al Alaq menunjukkan pentingnya taat dan patuh kepada Allah SWT. Manusia harus mengikuti ajaran agama dan nabi untuk mendapatkan karunia dari Allah SWT.

Kesimpulan

Surat Al Alaq memberikan pesan-pesan moral yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Surat ini menunjukkan pentingnya membaca, menuntut ilmu, berbuat kebajikan, dan taat serta patuh kepada Allah SWT. Kita harus selalu mengikuti ajaran agama dan nabi serta menghindari sikap sombong agar dapat mendapatkan karunia dari Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Artikel Surat Al Alaq Beserta Artinya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM