TEKNOBGT
Sekjen ASEAN yang Pertama Adalah
Sekjen ASEAN yang Pertama Adalah

Sekjen ASEAN yang Pertama Adalah

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi regional yang dibentuk pada tahun 1967 oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Tujuan utama ASEAN adalah untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas politik, dan kerjasama ekonomi di antara negara-negara anggotanya.

Sejarah Singkat ASEAN

Sejak didirikan, ASEAN telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Salah satu momen penting dalam sejarah ASEAN adalah saat organisasi ini mengangkat sekretaris jenderal (sekjen) pertamanya pada tahun 1976.

Sekjen pertama ASEAN adalah Dato’ Dr. Syed Muhammad Naquib al-Attas dari Malaysia. Beliau menjabat sebagai sekjen ASEAN selama dua tahun, dari 1976 hingga 1978. Sebelum menjabat sebagai sekjen ASEAN, Dato’ Dr. Syed Muhammad Naquib al-Attas adalah seorang profesor di Universitas Malaya dan seorang intelektual Muslim terkemuka di Malaysia.

Tugas dan Wewenang Sekjen ASEAN

Sekjen ASEAN adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi operasional harian organisasi ini. Tugas utama sekjen meliputi:

  • Mengkoordinasikan kebijakan dan program ASEAN
  • Mengkoordinasikan pertemuan dan konferensi antara negara-negara anggota ASEAN
  • Memfasilitasi kerjasama ekonomi dan politik antara negara-negara ASEAN
  • Mengawasi keuangan dan administrasi ASEAN

Selain itu, sekjen ASEAN juga memiliki wewenang untuk menjalankan tugas-tugas khusus yang diberikan oleh Dewan ASEAN atau Menteri Luar Negeri ASEAN.

Sekjen ASEAN Saat Ini

Saat ini, sekjen ASEAN dijabat oleh Dato Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam. Beliau memulai masa jabatannya pada Januari 2018 dan diharapkan dapat memimpin ASEAN dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Kesimpulan

Dato’ Dr. Syed Muhammad Naquib al-Attas adalah sekjen ASEAN pertama yang menjabat selama dua tahun dari 1976 hingga 1978. Sekjen ASEAN memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi operasional harian organisasi ini dan menjalankan tugas-tugas khusus yang diberikan oleh Dewan ASEAN atau Menteri Luar Negeri ASEAN. Saat ini, sekjen ASEAN dijabat oleh Dato Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam.

Artikel Sekjen ASEAN yang Pertama Adalah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM