Macam-Macam Zakat Mal dan Nisabnya
Macam-Macam Zakat Mal dan Nisabnya

Macam-Macam Zakat Mal dan Nisabnya

Agama Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berbagi dengan sesama, salah satunya melalui zakat. Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim yang mampu. Zakat terbagi menjadi dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Pada artikel ini, kita akan membahas macam-macam zakat mal dan nisabnya.

Zakat Emas dan Perak

Zakat emas dan perak dikeluarkan jika jumlahnya sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat emas adalah 85 gram, sedangkan nisab untuk zakat perak adalah 595 gram. Zakat emas dan perak dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah nisab yang dimiliki. Contoh, jika seseorang memiliki 100 gram emas, maka zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% x 100 gram = 2,5 gram emas.

Zakat Pertanian

Zakat pertanian dikeluarkan jika tanaman yang ditanam sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat pertanian adalah 653 kg gabah atau 6530 kg buah-buahan yang dipanen. Zakat pertanian dikeluarkan sebesar 5% untuk tanaman yang ditanam dengan irigasi, dan 10% untuk tanaman yang ditanam tanpa irigasi.

Zakat Kambing

Zakat kambing dikeluarkan jika jumlah kambing yang dimiliki sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat kambing adalah 40 ekor. Zakat kambing dikeluarkan sebesar 1 ekor kambing untuk setiap 40 ekor kambing yang dimiliki.

Zakat Sapi dan Kerbau

Zakat sapi dan kerbau dikeluarkan jika jumlahnya sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat sapi adalah 30 ekor, sedangkan nisab untuk zakat kerbau adalah 40 ekor. Zakat sapi dan kerbau dikeluarkan sebesar 1 ekor untuk setiap nisab yang dimiliki.

Zakat Barang Temuan

Zakat barang temuan dikeluarkan jika barang yang ditemukan sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat barang temuan adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat barang temuan dikeluarkan sebesar 20% dari harga barang temuan tersebut.

Zakat Hasil Pertanian dan Perkebunan

Zakat hasil pertanian dan perkebunan dikeluarkan jika hasil panen sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat hasil pertanian dan perkebunan adalah 653 kg gabah atau 6530 kg buah-buahan yang dipanen. Zakat hasil pertanian dan perkebunan dikeluarkan sebesar 5% untuk hasil panen yang ditanam dengan irigasi, dan 10% untuk hasil panen yang ditanam tanpa irigasi.

Zakat Hasil Peternakan

Zakat hasil peternakan dikeluarkan jika jumlah ternak yang dimiliki sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat hasil peternakan adalah 5 ekor sapi atau kerbau, 25 ekor kambing atau domba, atau 40 ekor unta. Zakat hasil peternakan dikeluarkan sebesar 1 ekor untuk setiap nisab yang dimiliki.

Zakat Tabungan

Zakat tabungan dikeluarkan jika jumlah tabungan sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat tabungan adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat tabungan dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah tabungan yang dimiliki.

Zakat Properti

Zakat properti dikeluarkan jika jumlah properti yang dimiliki sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat properti adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat properti dikeluarkan sebesar 2,5% dari nilai properti yang dimiliki. Contoh, jika seseorang memiliki rumah senilai 1 miliar rupiah, maka zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% x 1 miliar = 25 juta rupiah.

Zakat Saham

Zakat saham dikeluarkan jika jumlah saham yang dimiliki sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat saham adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat saham dikeluarkan sebesar 2,5% dari nilai saham yang dimiliki.

Zakat Usaha

Zakat usaha dikeluarkan jika keuntungan usaha sudah mencapai nisab selama satu tahun. Nisab untuk zakat usaha adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat usaha dikeluarkan sebesar 2,5% dari keuntungan usaha yang didapat.

Zakat Gaji

Zakat gaji dikeluarkan jika gaji yang diterima sudah mencapai nisab selama satu tahun. Nisab untuk zakat gaji adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat gaji dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah gaji yang diterima selama satu tahun.

Zakat Profesi

Zakat profesi dikeluarkan jika penghasilan yang diterima dari profesi tertentu sudah mencapai nisab selama satu tahun. Nisab untuk zakat profesi adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat profesi dikeluarkan sebesar 2,5% dari penghasilan yang didapat dari profesi tersebut.

Zakat Emas Perhiasan

Zakat emas perhiasan dikeluarkan jika jumlah emas perhiasan yang dimiliki sudah mencapai nisab. Nisab untuk zakat emas perhiasan adalah 85 gram. Zakat emas perhiasan dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah emas perhiasan yang dimiliki.

Zakat Arisan

Zakat arisan dikeluarkan jika jumlah uang yang diterima dari arisan sudah mencapai nisab selama satu tahun. Nisab untuk zakat arisan adalah senilai harga 85 gram emas. Zakat arisan dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah uang yang diterima dari arisan selama satu tahun.

Zakat Rikaz

Zakat rikaz dikeluarkan jika seseorang menemukan harta karun. Zakat rikaz dikeluarkan sebesar 20% dari nilai harta karun tersebut.

Zakat Jual Beli

Zakat jual beli dikeluarkan jika seseorang membeli barang dengan tujuan untuk dijual kembali. Zakat jual beli dikeluarkan sebesar 2,5% dari nilai barang yang dimiliki selama satu tahun.

Zakat Kekayaan

Zakat kekayaan dikeluarkan jika seseorang memiliki kekayaan yang belum termasuk dalam jenis zakat yang telah disebutkan di atas. Zakat kekayaan dikeluarkan sebesar 2,5% dari jumlah kekayaan yang dimiliki.

Kesimpulan

Itulah macam-macam zakat mal dan nisabnya. Semoga artikel ini dapat membantu umat Islam dalam memahami tata cara mengeluarkan zakat yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh agama Islam.

Artikel Macam-Macam Zakat Mal dan Nisabnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM