TEKNOBGT
Nama Nama Alquran dan Artinya
Nama Nama Alquran dan Artinya

Nama Nama Alquran dan Artinya

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi ajaran, hukum, tata cara ibadah, dan petunjuk hidup yang harus diikuti oleh setiap muslim. Al-Quran terdiri dari 114 surah yang terbagi menjadi 30 juz. Setiap surah memiliki nama dan artinya sendiri-sendiri. Berikut adalah beberapa nama surah Al-Quran beserta artinya.

Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah adalah surah pertama di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 7 ayat dan sering disebut sebagai Ummul Quran atau induk dari semua surah di dalam Al-Quran. Arti dari Al-Fatihah adalah pembukaan.

Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah adalah surah kedua di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 286 ayat dan merupakan surah terpanjang di dalam Al-Quran. Arti dari Al-Baqarah adalah sapi betina.

Ali Imran

Surah Ali Imran adalah surah ketiga di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 200 ayat dan dinamakan Ali Imran karena banyak membahas tentang keluarga Imran, termasuk kelahiran Nabi Isa. Arti dari Ali Imran adalah keluarga Imran.

An-Nisa

Surah An-Nisa adalah surah keempat di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 176 ayat dan membahas tentang hukum-hukum dalam kehidupan sosial. Arti dari An-Nisa adalah wanita.

Al-Maidah

Surah Al-Maidah adalah surah kelima di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 120 ayat dan membahas tentang hukum-hukum dalam kehidupan sehari-hari. Arti dari Al-Maidah adalah jamuan makanan.

Al-An’am

Surah Al-An’am adalah surah keenam di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 165 ayat dan membahas tentang kepercayaan dan akhlak. Arti dari Al-An’am adalah binatang ternak.

Al-A’raf

Surah Al-A’raf adalah surah ketujuh di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 206 ayat dan membahas tentang sejarah kehidupan umat terdahulu dan hukum-hukum dalam kehidupan sosial. Arti dari Al-A’raf adalah dinding.

Al-Anfal

Surah Al-Anfal adalah surah kedelapan di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 75 ayat dan membahas tentang peperangan dan zakat. Arti dari Al-Anfal adalah rampasan perang.

At-Taubah

Surah At-Taubah adalah surah kesembilan di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 129 ayat dan membahas tentang hukum-hukum dalam kehidupan sosial dan peperangan. Arti dari At-Taubah adalah tobat.

Yunus

Surah Yunus adalah surah kesepuluh di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 109 ayat dan membahas tentang sejarah kehidupan nabi-nabi terdahulu. Arti dari Yunus adalah nabi Yunus.

Hud

Surah Hud adalah surah kesebelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 123 ayat dan membahas tentang sejarah kehidupan nabi-nabi terdahulu. Arti dari Hud adalah nabi Hud.

Yusuf

Surah Yusuf adalah surah keduabelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 111 ayat dan membahas tentang sejarah kehidupan nabi Yusuf. Arti dari Yusuf adalah nabi Yusuf.

Ar-Ra’d

Surah Ar-Ra’d adalah surah ketigabelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 43 ayat dan membahas tentang kekuasaan Allah dan hari kiamat. Arti dari Ar-Ra’d adalah guruh.

Ibrahim

Surah Ibrahim adalah surah keempatbelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 52 ayat dan membahas tentang sejarah kehidupan nabi Ibrahim. Arti dari Ibrahim adalah nabi Ibrahim.

Al-Hijr

Surah Al-Hijr adalah surah kelimabelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 99 ayat dan membahas tentang hukum-hukum dalam kehidupan sosial dan keimanan. Arti dari Al-Hijr adalah tanah yang diberkati.

An-Nahl

Surah An-Nahl adalah surah keenambelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 128 ayat dan membahas tentang keajaiban alam semesta dan kehidupan sosial. Arti dari An-Nahl adalah lebah.

Al-Isra

Surah Al-Isra adalah surah ketujuhbelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 111 ayat dan membahas tentang isra dan mi’raj Nabi Muhammad. Arti dari Al-Isra adalah perjalanan malam.

Al-Kahfi

Surah Al-Kahfi adalah surah kedelapanbelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 110 ayat dan membahas tentang kisah pemuda-pemuda yang tidur selama 300 tahun. Arti dari Al-Kahfi adalah gua.

Maryam

Surah Maryam adalah surah kesembilanbelas di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 98 ayat dan membahas tentang sejarah kehidupan Maryam, ibu Nabi Isa. Arti dari Maryam adalah Maryam.

Ta Ha

Surah Ta Ha adalah surah kedua puluh di dalam Al-Quran. Surah ini memiliki 135 ayat dan membahas tentang sejarah kehidupan Nabi Musa. Arti dari Ta Ha adalah Ta Ha.

Kesimpulan

Itulah beberapa nama surah Al-Quran beserta artinya. Semoga artikel ini dapat memperkaya pengetahuan tentang Al-Quran dan memperkuat keimanan kita sebagai muslim.

ArtikelNama Nama Alquran dan Artinya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM