Klasifikasi Pada Tumbuhan
Klasifikasi Pada Tumbuhan

Klasifikasi Pada Tumbuhan

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah kemampuan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Selain itu, tumbuhan juga memiliki berbagai macam jenis yang berbeda-beda. Agar mudah dikenali, tumbuhan dibagi menjadi beberapa kategori atau klasifikasi. Berikut adalah penjelasan mengenai klasifikasi pada tumbuhan.

Kingdom Plantae

Tumbuhan masuk ke dalam kingdom Plantae. Kingdom ini merupakan kategori tertinggi dalam klasifikasi tumbuhan. Semua tumbuhan termasuk ke dalam kingdom Plantae. Kingdom Plantae ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Divisi Bryophyta

Divisi ini merupakan divisi tumbuhan yang paling sederhana. Tumbuhan yang termasuk dalam divisi ini memiliki akar, batang, dan daun yang tidak lengkap. Tumbuhan ini umumnya hidup di daerah yang lembab. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan yang termasuk dalam divisi Bryophyta:

– Lumut

– Hatimuda

– Paku Pisang

– Paku Tiang

Divisi Pteridophyta

Divisi ini merupakan divisi tumbuhan yang memiliki akar, batang, dan daun yang lengkap. Tumbuhan ini umumnya hidup di daerah yang lembab. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan yang termasuk dalam divisi Pteridophyta:

– Paku

– Pakis Haji

– Pakis Raja

– Pakis Tanduk

Divisi Coniferophyta

Divisi ini merupakan divisi tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Tumbuhan ini umumnya hidup di daerah yang dingin. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan yang termasuk dalam divisi Coniferophyta:

– Cemara

– Pinus

– Jati

– Akasia

Divisi Angiospermae atau Spermatophyta

Divisi ini merupakan divisi tumbuhan yang memiliki biji tertutup. Tumbuhan ini umumnya hidup di daerah yang beriklim sedang. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan yang termasuk dalam divisi Angiospermae:

– Bunga Mawar

– Padi

– Jagung

– Kacang Tanah

Klasifikasi Tumbuhan Berdasarkan Habitat

Tumbuhan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan habitatnya. Berikut adalah beberapa contoh klasifikasi tumbuhan berdasarkan habitat:

Tumbuhan Darat

Tumbuhan darat adalah tumbuhan yang hidup di daratan. Tumbuhan ini memiliki akar dan daun yang kuat untuk menopang tubuhnya. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan darat:

– Pohon

– Rumput

– Semak

– Kaktus

Tumbuhan Air

Tumbuhan air adalah tumbuhan yang hidup di air. Tumbuhan ini memiliki akar yang dapat menempel pada dasar air. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan air:

– Teratai

– Eceng Gondok

– Lumut Air

– Alga

Tumbuhan Liar

Tumbuhan liar adalah tumbuhan yang tumbuh di tempat yang tidak teratur. Tumbuhan ini tumbuh dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan liar:

– Bambu

– Rambutan Hutan

– Durian Hutan

– Kelapa Hutan

Tumbuhan Budidaya

Tumbuhan budidaya adalah tumbuhan yang ditanam oleh manusia. Tumbuhan ini tumbuh dengan bantuan manusia agar dapat menghasilkan produksi yang maksimal. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan budidaya:

– Sayuran

– Buah-buahan

– Tanaman Hias

– Tanaman Obat

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai klasifikasi pada tumbuhan. Dengan mengetahui klasifikasi pada tumbuhan, memudahkan kita untuk mengenal tumbuhan lebih dalam. Selain itu, juga dapat mempermudah dalam proses budidaya dan pemeliharaan tumbuhan.

Artikel Klasifikasi Pada Tumbuhan

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM