Bacaan Setelah Takbiratul Ihram
Bacaan Setelah Takbiratul Ihram

Bacaan Setelah Takbiratul Ihram

Saat memulai shalat, kita mengucapkan takbiratul ihram sebagai tanda masuknya kita ke dalam shalat. Setelah takbiratul ihram, terdapat beberapa bacaan yang harus kita lakukan sebagai bagian dari rangkaian shalat. Berikut adalah bacaan setelah takbiratul ihram yang harus kita ketahui dan amalkan.

1. Ta’awwudz

Setelah takbiratul ihram, kita harus membaca ta’awwudz. Ta’awwudz adalah ungkapan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan setan. Bacaan ta’awwudz adalah:

“A’udzu billahi minasy syaitanir rajim”

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

2. Basmalah

Setelah membaca ta’awwudz, kita harus membaca basmalah sebelum membaca surat Al-Fatihah. Basmalah adalah bacaan “Bismillahirrahmanirrahim” yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”.

3. Surat Al-Fatihah

Setelah membaca basmalah, kita membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah adalah surat pembukaan dalam Al-Quran yang terdiri dari 7 ayat. Surat Al-Fatihah merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Kita harus membacanya dengan baik dan benar.

4. Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita bisa membaca surat pendek lainnya sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Contoh surat pendek yang bisa dibaca adalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

5. Ruku’

Setelah membaca surat pendek, kita harus melakukan gerakan ruku’. Ruku’ adalah sujud yang dilakukan dengan membungkukkan badan hingga sejajar dengan lutut. Saat melakukan ruku’, kita membaca doa:

“Subhana rabbiyal ‘adzim”

Artinya, “Mahasuci Tuhan yang Maha Agung.”

6. I’tidal

Setelah ruku’, kita kembali ke posisi berdiri dengan tegak dan membaca i’tidal. I’tidal adalah bacaan yang dilakukan saat kembali ke posisi berdiri setelah ruku’. Bacaan i’tidal adalah:

“Sami’allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd”

Artinya, “Allah mendengar orang yang memuji-Nya, ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu.”

7. Sujud Pertama

Setelah membaca i’tidal, kita melakukan sujud pertama. Sujud pertama adalah sujud yang dilakukan dengan meletakkan dahi dan kedua telapak tangan di atas lantai. Saat sujud, kita membaca doa:

“Subhana rabbiyal a’la”

Artinya, “Mahasuci Tuhan yang Maha Tinggi.”

8. Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, kita duduk sejenak sebelum melakukan sujud kedua. Saat duduk, kita membaca doa:

“Rabbighfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni”

Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku, sayangilah aku, kuatkanlah aku, tinggikanlah derajatku, dan berikanlah aku rezeki.”

9. Sujud Kedua

Setelah duduk sejenak, kita melakukan sujud kedua. Sujud kedua dilakukan dengan cara yang sama seperti sujud pertama. Saat sujud kedua, kita membaca doa yang sama dengan doa sujud pertama.

10. Duduk Tawarruk

Setelah sujud kedua, kita duduk tawarruk. Duduk tawarruk adalah duduk dengan posisi kaki kanan ditekuk dan kaki kiri di atas lantai. Saat duduk tawarruk, kita membaca doa:

“Ashhadu alla ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan rasulullah”

Artinya, “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

11. Tahiyat Awal

Setelah duduk tawarruk, kita membaca tahiyat awal. Tahiyat awal adalah bacaan yang dilakukan saat duduk tawarruk. Tahiyat awal berisi syahadat, doa, dan salam. Bacaan tahiyat awal adalah:

“At-tahiyyatul mubarokatusy syarifatus salamulaiika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarokatuh, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh”

Artinya, “Segala penghormatan, kebahagiaan, dan salam untukmu, wahai Nabi, dan rahmat serta berkah Allah. Salam sejahtera bagimu, dan rahmat serta berkah Allah.”

12. Tahiyat Akhir

Setelah tahiyat awal, kita membaca tahiyat akhir. Tahiyat akhir adalah bacaan yang dilakukan sebelum salam. Bacaan tahiyat akhir adalah:

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh”

Artinya, “Salam sejahtera bagimu, dan rahmat serta berkah Allah.”

13. Salam

Setelah membaca tahiyat akhir, kita mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri. Salam adalah ungkapan salam dan doa untuk orang yang berada di sebelah kanan dan kiri kita. Bacaan salam adalah:

“Assalamu’alaikum warahmatullah”

Artinya, “Salam sejahtera bagimu, dan rahmat Allah.”

14. Doa Setelah Shalat

Setelah salam, kita bisa membaca doa setelah shalat. Doa setelah shalat adalah doa yang dilakukan setelah selesai melakukan shalat. Ada beberapa doa setelah shalat yang bisa kita amalkan, seperti doa istighfar, doa shalat dhuha, dan doa qunut.

15. Membaca Tasbih

Setelah doa setelah shalat, kita bisa membaca tasbih. Tasbih adalah bacaan memuji dan menyebut nama Allah. Ada beberapa tasbih yang bisa kita amalkan, seperti tasbih Fatimah dan tasbih Istighfar.

16. Membaca Ayat Kursi

Setelah tasbih, kita bisa membaca ayat kursi. Ayat kursi adalah ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan kebesaran Allah dan kekuasaannya atas alam semesta. Membaca ayat kursi memiliki banyak manfaat, seperti mendapatkan perlindungan dari Allah dan mendapat pahala.

17. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Setelah ayat kursi, kita bisa membaca surat pendek lainnya, seperti surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Surat-surat pendek ini memiliki banyak manfaat, seperti melindungi diri dari gangguan setan dan memperkuat iman.

18. Doa Sehari-hari

Setelah membaca surat-surat pendek, kita bisa membaca doa sehari-hari. Doa sehari-hari adalah doa yang dilakukan setiap hari untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah. Ada banyak doa sehari-hari yang bisa kita am

Artikel Bacaan Setelah Takbiratul Ihram

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM