Biografi Joko Widodo
Biografi Joko Widodo

Biografi Joko Widodo

Joko Widodo, atau yang lebih dikenal dengan nama Jokowi, adalah Presiden Indonesia ke-7 yang menjabat sejak 2014. Ia dilahirkan di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Jokowi adalah seorang politikus dan pengusaha sukses sebelum terjun ke dunia politik.

Kehidupan Awal

Jokowi dilahirkan dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Ayahnya adalah seorang pegawai negeri dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Jokowi merupakan anak ke-4 dari 5 bersaudara.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar 1 Surakarta, Jokowi melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 1 Surakarta. Setelah lulus dari SMA, ia melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, namun tak selesai dijalani.

Karir Bisnis

Setelah meninggalkan bangku kuliah, Jokowi merintis karir bisnisnya dengan membuka usaha mebel kayu bersama keluarganya. Usaha ini kemudian berkembang menjadi perusahaan besar yang mampu mengekspor produknya ke luar negeri.

Pada tahun 2005, Jokowi terpilih sebagai Walikota Solo setelah sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota untuk wilayah Surakarta Selatan. Selama menjabat sebagai Walikota, Jokowi dikenal berhasil membangun kota Solo menjadi lebih modern dan ramah bagi warganya.

Perjalanan Politik

Pada tahun 2012, Jokowi terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah mengalahkan petahana Fauzi Bowo. Selama menjabat sebagai Gubernur, Jokowi berhasil melakukan berbagai reformasi dan membuat Jakarta lebih bersih dan tertib.

Pada tahun 2014, Jokowi maju sebagai calon presiden dalam Pilpres dan berhasil memenangkan pemilihan dengan perolehan suara sebesar 53,15%. Ia dilantik sebagai Presiden Indonesia pada 20 Oktober 2014.

Kebijakan-kebijakan Jokowi

Jokowi memiliki berbagai kebijakan yang dicanangkan selama menjabat sebagai Presiden Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

– Program pembangunan infrastruktur nasional yang dikenal dengan sebutan “Nawacita”.

– Program pemerataan pembangunan di seluruh daerah di Indonesia melalui berbagai program seperti Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

– Reformasi birokrasi demi terciptanya pemerintahan yang bersih dan efektif.

– Program peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kehidupan Pribadi

Jokowi menikah dengan Iriana Joko Widodo pada 24 Desember 1986. Pasangan ini dikaruniai 3 orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Gibran dan Kahiyang saat ini juga aktif di dunia politik dan terjun ke dalam karir bisnis.

Kesimpulan

Jokowi telah membuktikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang mampu membangun Indonesia menjadi lebih baik. Berkat kebijakan-kebijakannya yang cerdas dan inovatif, Indonesia semakin maju dan berkembang. Semoga Jokowi terus sukses dalam memimpin Indonesia ke arah yang lebih baik.

Artikel Biografi Joko Widodo

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM