Pulau Terkecil di Indonesia
Pulau Terkecil di Indonesia

Pulau Terkecil di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya. Bahkan, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Namun, tahukah kamu bahwa di Indonesia juga terdapat pulau terkecil? Ya, pulau terkecil di Indonesia ada dan berikut adalah ulasan tentangnya.

1. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah terletak di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini memiliki luas sekitar 2.5 hektar dan merupakan pulau terkecil di Indonesia yang terkenal. Meskipun tergolong kecil, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Pasir putih, air laut yang jernih, dan pohon kelapa menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata yang populer.

2. Pulau Sempu

Pulau Sempu terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau ini memiliki luas sekitar 3.9 kilometer persegi atau sekitar 390 hektar. Pulau Sempu terkenal dengan keindahan alamnya yang masih sangat asri dan belum terjamah oleh manusia. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air terjun yang menawan.

3. Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar terletak di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Pulau ini memiliki luas sekitar 3.5 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kepulauan Karimunjawa. Meskipun tergolong kecil, pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kepulauan Karimunjawa. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan terumbu karang yang menakjubkan.

4. Pulau Nusa Barung

Pulau Nusa Barung terletak di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 2.5 hektar dan merupakan pulau terkecil di Nusa Tenggara Barat. Meskipun tergolong kecil, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan terumbu karang yang menakjubkan.

5. Pulau Tengah

Pulau Tengah terletak di Kepulauan Riau. Pulau ini memiliki luas sekitar 1.5 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kepulauan Riau. Meskipun tergolong kecil, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air laut yang jernih.

6. Pulau Kangean Kecil

Pulau Kangean Kecil terletak di Kepulauan Kangean, Jawa Timur. Pulau ini memiliki luas sekitar 1.6 kilometer persegi atau sekitar 160 hektar. Pulau Kangean Kecil terkenal dengan keindahan alamnya yang masih sangat asri dan belum terjamah oleh manusia. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air laut yang jernih.

7. Pulau Gili Raja

Pulau Gili Raja terletak di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Pulau ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kepulauan Togean. Meskipun tergolong kecil, pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kepulauan Togean. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan terumbu karang yang menakjubkan.

8. Pulau Batee

Pulau Batee terletak di Kepulauan Sabang, Aceh. Pulau ini memiliki luas sekitar 0.6 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kepulauan Sabang. Meskipun tergolong kecil, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air laut yang jernih.

9. Pulau Moyo

Pulau Moyo terletak di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 3.8 kilometer persegi atau sekitar 380 hektar. Pulau Moyo terkenal dengan keindahan alamnya yang masih sangat asri dan belum terjamah oleh manusia. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air terjun yang menawan.

10. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki luas sekitar 3 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kabupaten Bulukumba. Meskipun tergolong kecil, pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Sulawesi Selatan. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan terumbu karang yang menakjubkan.

11. Pulau Sebatik Kecil

Pulau Sebatik Kecil terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Utara. Pulau ini memiliki luas sekitar 2.9 hektar dan merupakan pulau terkecil di perbatasan Indonesia-Malaysia. Meskipun tergolong kecil, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air laut yang jernih.

12. Pulau Matak

Pulau Matak terletak di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Pulau ini memiliki luas sekitar 0.5 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kepulauan Natuna. Meskipun tergolong kecil, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air laut yang jernih.

13. Pulau Gag

Pulau Gag terletak di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 0.4 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kepulauan Raja Ampat. Meskipun tergolong kecil, pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kepulauan Raja Ampat. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan terumbu karang yang menakjubkan.

14. Pulau Saleng

Pulau Saleng terletak di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Pulau ini memiliki luas sekitar 0.5 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kepulauan Talaud. Meskipun tergolong kecil, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan air laut yang jernih.

15. Pulau Samalona

Pulau Samalona terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan merupakan pulau terkecil di Kota Makassar. Meskipun tergolong kecil, pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Sulawesi Selatan. Di pulau ini terdapat pantai-pantai yang sangat indah dan terumbu karang yang menakjubkan.

16. Pulau Sikuai Kecil

Pulau Sikuai Kecil terletak di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera

Artikel Pulau Terkecil di Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM