Surah Al Maidah Latin: Terjemahan dan Makna dalam Bahasa Indonesia
Surah Al Maidah Latin: Terjemahan dan Makna dalam Bahasa Indonesia

Surah Al Maidah Latin: Terjemahan dan Makna dalam Bahasa Indonesia

Jika Anda seorang muslim, maka pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Al-Quran. Al-Quran adalah kitab suci bagi umat muslim yang berisi tentang ajaran-ajaran Islam. Salah satu surah yang terdapat di dalam Al-Quran adalah Surah Al Maidah. Surah Al Maidah merupakan surah ke-5 dalam Al-Quran dan terdiri dari 120 ayat. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang Surah Al Maidah latin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Surah Al Maidah Latin dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah Surah Al Maidah latin dan terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Alif Lam Mim

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Surah Al Maidah Ayat 1-3

1. Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah (segala) janji-janji (yang diambil)mu. Diperbolehkan bagimu (memakan) hewan ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu (larangan-larangan-Nya). Kamu diharamkan (memakan) binatang-binatang buruan yang sedang kamu dalam keadaan ihram. Sesungguhnya Allah menetapkan apa yang dikehendaki-Nya.

2. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar (hak-hak) Allah, dan janganlah kamu melanggar (hak-hak) Rasul (Nya) dan takutlah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

3. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memperbolehkan binatang-binatang buruan (yang kamu dapatkan) ketika kamu sedang berihram. Dan sesungguhnya Allah memberi hukuman atas apa yang dikehendaki-Nya.

Surah Al Maidah Ayat 4-6

4. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar (hukum-hukum) Allah tentang syi’ar-syi’ar (yang ditinggalkan oleh syi’ar) dan tentang bulan-bulan haram, dan tentang binatang-binatang kurban, dan tentang kulit-kulitnya, dan tentang tempat-tempat persepuluhannya, dan janganlah kamu melanggar (hak-hak) orang-orang yang mempersembahkan persembahan-persembahan itu ke Baitullah, mencari keridhaan Tuhannya dan keridhaan-Nya. Dan apabila kamu telah menyelesaikan ihrammu, maka bolehlah kamu berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

5. Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya orang-orang kafir adalah najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini. Dan jika kamu khawatir terhadap kemiskinan, niscaya kelak Allah akan memperkayakan kamu dengan karunia-Nya jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

6. Bertandinglah (dalam peperangan) dengan orang-orang kafir itu, kerana mereka semuanya adalah penghasut kejahatan. Dan jika kamu berpaling (dari perang) mereka, niscaya mereka tidak akan dapat membahayakan kamu sedikitpun. Dan jika mereka memerangi kamu, niscaya mereka akan berlari berbalik ke belakang, kemudian mereka tidak akan ditemukan lagi.

Surah Al Maidah Ayat 7-9

7. Dan sesungguhnya telah datang keterangan-keterangan yang jelas bagi kamu dari sisi Tuhanmu, dan (juga) petunjuk dan rahmat. Maka barangsiapa yang melihat (kebenaran) maka itu adalah untuk keuntungannya sendiri, dan barangsiapa yang buta hatinya maka itu adalah untuk kerugiannya sendiri. Dan aku (Muhammad) bukanlah penjaga atas kamu.

8. Dan demikianlah Kami jelaskan ayat-ayat (Al-Quran) itu kepada manusia, supaya mereka berfikir.

9. Sesungguhnya Allah menyampaikan permintaan untuk (menegakkan) keadilan dan (memberi) kebaikan kepada kaum kerabat, dan Dia melarang dari perbuatan yang keji dan yang mungkar dan yang permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada kamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Surah Al Maidah Ayat 10-12

10. Dan penuhilah janji-janji Allah apabila kamu berjanji, dan janganlah kamu mengkhianati sumpah-sumpah itu sesudah mengikrarkannya, dan sesungguhnya kamu telah menjadikan Allah sebagai saksi atas janji-janji itu. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

11. Dan janganlah kamu seperti perempuan-perempuan yang mengura-urakan benang yang telah dipintalnya menjadi benang yang kusut, sesudah kuat dipintalnya, dengan membuat tipu daya terhadap diri sendiri. Demikianlah kamu mengkhianati sumpah-sumpah itu sesudah (sumpah) bulat dan kamu saling memakan sesama kamu dengan berbuat dosa.

12. Dan janganlah kamu memperbolehkan perbuatan orang-orang yang merendahkan diri sendiri terhadap kamu, sehingga kamu menjadi merendahkan diri juga dan janganlah kamu saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Surah Al Maidah Ayat 13-15

13. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memakan (harta) riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.

14. Dan bertakwalah kamu kepada neraka yang disediakan untuk orang-orang kafir.

15. Dan taatlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, agar kamu diberi rahmat.

Makna Surah Al Maidah

Surah Al Maidah terdiri dari 120 ayat yang menjelaskan tentang hukum-hukum dalam Islam, termasuk tentang makanan halal dan haram, hukum syi’ar-syi’ar dalam Islam, hukum mengucapkan sumpah dan memenuhi janji, serta hukum riba.

Surah Al Maidah juga menjelaskan tentang pentingnya taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta menjauhi perbuatan dosa. Allah juga menegaskan bahwa orang-orang kafir adalah najis dan tidak boleh mendekati Masjidilharam. Surah ini juga menganjurkan umat muslim untuk bertanding dengan orang-orang kaf

Artikel Surah Al Maidah Latin: Terjemahan dan Makna dalam Bahasa Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM