Surat Al Zalzalah dan Artinya
Surat Al Zalzalah dan Artinya

Surat Al Zalzalah dan Artinya

Pengenalan

Surat Al Zalzalah merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang terdiri dari 8 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang artinya diturunkan di Mekah. Surat Al Zalzalah memiliki makna yang begitu dalam dan sangat penting bagi umat Muslim.

Arti Surat Al Zalzalah

Surat Al Zalzalah memiliki arti gempa bumi atau goncangan. Surat ini menceritakan tentang hari kiamat dan keadaan yang terjadi pada saat itu. Allah SWT akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan manusia dan memberikan balasan yang layak sesuai dengan amalannya.

Ayat Pertama

Bunyi ayat pertama Surat Al Zalzalah adalah “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat.” Dalam ayat ini, Allah SWT memberikan peringatan bahwa pada hari kiamat akan terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat. Semua manusia akan merasakan goyangan bumi yang sangat kuat dan tak dapat dihindari.

Ayat Kedua

Bunyi ayat kedua Surat Al Zalzalah adalah “Dan bumi mengeluarkan beban-beban beratnya.” Ayat ini menceritakan bahwa pada hari kiamat, bumi akan melepaskan semua beban dan beratnya. Semua yang ada di dalam bumi akan terlihat dan dihadirkan di hadapan Allah SWT.

Ayat Ketiga

Bunyi ayat ketiga Surat Al Zalzalah adalah “Dan manusia berkata: ‘Apakah yang terjadi pada bumi ini?'” Ayat ini menceritakan bahwa manusia akan bertanya-tanya dan merasa bingung dengan keadaan yang terjadi pada saat itu. Mereka merasa takut dan panik karena tak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Ayat Keempat

Bunyi ayat keempat Surat Al Zalzalah adalah “Pada hari itu bumi menceritakan berita-beritanya.” Ayat ini menceritakan bahwa pada hari kiamat, bumi akan menceritakan semua perbuatan manusia yang ada di atasnya. Semua yang ada di bumi akan menjadi saksi atas segala perbuatan manusia.

Ayat Kelima

Bunyi ayat kelima Surat Al Zalzalah adalah “Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan padanya.” Ayat ini menceritakan bahwa semua yang terjadi pada hari kiamat adalah atas perintah Allah SWT. Manusia tak dapat menghindari apapun yang terjadi pada saat itu.

Ayat Keenam

Bunyi ayat keenam Surat Al Zalzalah adalah “Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok untuk diperlihatkan kepada mereka perbuatan-perbuatan yang telah mereka lakukan.” Ayat ini menceritakan bahwa pada hari kiamat, manusia akan keluar dari kubur mereka dan dihadapkan pada perbuatan yang telah mereka lakukan selama hidup di dunia.

Ayat Ketujuh

Bunyi ayat ketujuh Surat Al Zalzalah adalah “Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) yang baik.” Ayat ini menceritakan bahwa Allah SWT akan memberikan balasan yang baik bagi mereka yang melakukan kebaikan, walaupun hanya seberat zarah.

Ayat Kedelapan

Bunyi ayat kedelapan Surat Al Zalzalah adalah “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) yang buruk.” Ayat ini menceritakan bahwa Allah SWT juga akan memberikan balasan yang buruk bagi mereka yang melakukan kejahatan, meskipun hanya seberat zarah.

Kesimpulan

Surat Al Zalzalah memiliki arti yang begitu dalam dan penting bagi umat Muslim. Surat ini menceritakan tentang hari kiamat dan keadaan yang terjadi pada saat itu. Semua manusia akan dihadapkan pada perbuatan yang telah mereka lakukan selama hidup di dunia dan akan diberikan balasan yang layak sesuai dengan amalannya. Semoga kita selalu diberikan hidayah oleh Allah SWT dan senantiasa melakukan kebaikan selama hidup di dunia. Aamiin.

ArtikelSurat Al Zalzalah dan Artinya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM