Ayat Al-Quran Tentang Riya
Ayat Al-Quran Tentang Riya

Ayat Al-Quran Tentang Riya

Pengertian Riya dalam Islam

Sebagai seorang muslim, kita harus selalu mengingatkan diri kita sendiri untuk tidak melakukan riya. Riya sendiri merupakan perilaku yang sangat dilarang dalam Islam. Riya artinya berlaku baik-baik hanya karena ingin mendapatkan pujian atau pengakuan dari orang lain.

Ayat Al-Quran Tentang Riya

Dalam Al-Quran, banyak ayat yang membahas tentang bahaya riya bagi seseorang. Salah satu ayat Al-Quran yang membahas tentang riya adalah Surah Al-Maa’uun ayat 5. Di dalam ayat tersebut Allah SWT berfirman:“Maka celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya. Mereka yang berbuat riya dan menolak memberi bantuan kecil (zakat).”Dalam ayat tersebut, Allah SWT memberikan peringatan bagi orang yang melakukan riya.

Bahaya Riya dalam Islam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, riya merupakan perilaku yang sangat dilarang dalam Islam. Bahkan, riya merupakan dosa besar yang dapat mengakibatkan seseorang tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT.Riya juga dapat menghancurkan keikhlasan seseorang dalam melakukan ibadah. Jika seseorang melakukan ibadah hanya untuk mendapatkan pujian atau pengakuan dari orang lain, maka keikhlasannya dalam beribadah akan hilang.

Cara Menghindari Riya dalam Beribadah

Untuk menghindari riya dalam beribadah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, bertawakal kepada Allah SWT. Kita harus selalu mengingat bahwa semua yang kita lakukan haruslah semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT.Kedua, beribadah dengan hati yang ikhlas. Jangan melakukan ibadah hanya untuk mendapatkan pujian atau pengakuan dari orang lain.Ketiga, jangan memperlihatkan kebaikan yang kita lakukan kepada orang lain. Jika kita melakukan kebaikan, maka lakukanlah dengan diam-diam.

Kesimpulan

Riya merupakan perilaku yang sangat dilarang dalam Islam. Kita harus selalu mengingatkan diri kita sendiri untuk tidak melakukan riya dalam beribadah. Ada banyak ayat Al-Quran yang membahas tentang bahaya riya bagi seseorang.Untuk menghindari riya dalam beribadah, kita harus bertawakal kepada Allah SWT, beribadah dengan hati yang ikhlas, dan jangan memperlihatkan kebaikan yang kita lakukan kepada orang lain. Dengan melakukan hal tersebut, kita dapat terhindar dari dosa besar yang dapat mengakibatkan kita tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Artikel Ayat Al-Quran Tentang Riya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM