TEKNOBGT
Contoh Isim Nakirah dalam Al-Quran
Contoh Isim Nakirah dalam Al-Quran

Contoh Isim Nakirah dalam Al-Quran

Isim nakirah adalah kata benda yang tidak memiliki takrif atau penjelasan di depannya. Kata ini sering digunakan dalam Al-Quran untuk menunjukkan suatu objek atau hal yang belum diketahui secara pasti. Berikut adalah beberapa contoh isim nakirah dalam Al-Quran.

1. Kitab

Dalam surat Al-Baqarah ayat 2, terdapat penggunaan kata “kitab” yang merupakan isim nakirah. Artinya, Allah SWT menyebutkan bahwa “Ini adalah Kitab yang tidak ada keraguan padanya”. Dalam ayat ini, Kitab merujuk pada Al-Quran yang merupakan petunjuk bagi manusia.

2. Syahid

Isim nakirah lainnya adalah syahid yang dapat ditemukan dalam surat Al-Baqarah ayat 143. Artinya, Allah SWT menyebutkan bahwa “Dan kami jadikan kamu umat yang adil dan seimbang agar kamu menjadi saksi atas umat lain”. Dalam ayat ini, syahid merujuk pada saksi yang bisa berupa manusia atau alam semesta.

3. Qiblat

Kata “qiblat” juga merupakan isim nakirah dalam Al-Quran. Dalam surat Al-Baqarah ayat 144, Allah SWT menyebutkan bahwa “Sesungguhnya Kami melihat wajahmu (wahai Muhammad) seringkali menengadah ke langit. Karena itu, Kami arahkan kamu ke kiblat yang engkau sukai”. Dalam ayat ini, qiblat merujuk pada arah kiblat yang harus dihadapkan ketika melakukan shalat.

4. Rabb

Rabb adalah isim nakirah yang sering digunakan dalam Al-Quran untuk merujuk pada Allah SWT sebagai pencipta dan pengatur segala sesuatu di alam semesta. Contohnya dapat ditemukan dalam surat Al-An’am ayat 101, “Allah-lah yang telah menjadikan kamu dari makhluk yang lemah lalu menjadikan dari sesudah kelemahan itu kekuatan, kemudian menjadikan dari sesudah kekuatan itu kelemahan dan ubahterbalik. Allah-lah yang mengetahui segala sesuatu, Mahakuasa”.

5. Malam

Dalam surat Al-Baqarah ayat 187, terdapat penggunaan kata “malam” yang merupakan isim nakirah. Artinya, “Dan janganlah kamu menghampiri mereka di waktu kamu berihram di Masjidilharam sedang kamu dalam keadaan berita. Maka berilah makanan kepada mereka dari rezeki Allah dan pakailah pakaian yang layak. Dan janganlah kamu berbicara dengan mereka dengan kata-kata yang menyakiti hati sedang kamu berada dalam keadaan menunaikan ibadah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka bertaqwa”. Dalam ayat ini, malam merujuk pada waktu ibadah haji yang diatur dengan ketat.

6. Taubat

Dalam surat Al-Baqarah ayat 222, terdapat kata “taubat” yang merupakan isim nakirah. Artinya, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri”. Dalam ayat ini, taubat merujuk pada proses memohon ampun dan berubah dari perilaku yang salah ke perilaku yang benar.

7. Malaikat

Malaikat adalah isim nakirah yang sering digunakan dalam Al-Quran untuk merujuk pada makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Contohnya dapat ditemukan dalam surat Al-An’am ayat 61, “Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan atas langit dan bumi, dan Dia memberi rezeki dengan sebenarnya. Oleh sebab itu, janganlah kamu menempatkan sesembahan bersama-sama Allah. Sesungguhnya aku telah diberi peringatan yang nyata, seperti ini (diberi peringatan) sebelum kamu, yakni (diberi peringatan) dari kalangan rasul-rasul yang telah kami utus sebelum kamu, bahwasanya tidak ada sesembahan yang wajib disembah kecuali aku, karena itu bertauhidlah kamu kepada-Ku”. Dalam ayat ini, malaikat merujuk pada makhluk gaib yang dipercayai oleh umat Islam.

8. Jibril

Dalam Al-Quran, Jibril adalah salah satu malaikat yang sering disebut-sebut sebagai utusan Allah SWT dalam menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul. Contohnya dapat ditemukan dalam surat Al-Baqarah ayat 97, “Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan terhadap Allah dusta atau mengatakan: “Wahyu telah datang kepadaku”, padahal ia tidak pernah diberi wahyu sedikit pun; dan orang yang berkata: “Aku akan menurunkan sebentuk yang serupa dengan yang diturunkan oleh Allah”? Dan jika kamu melihat ketika orang-orang yang zalim berada dalam pangkuan maut dan para malaikat mengulurkan tangan (seraya berkata): “Keluarkanlah nyawamu (dari badanmu)! Pada hari ini kamu akan mendapat siksa yang menghinakan, karena kamu dahulu mengucapkan dusta terhadap Allah dan kamu selalu berpaling dari ayat-ayat-Nya dengan sombong”. Dalam ayat ini, Jibril merujuk pada malaikat yang membawa wahyu dari Allah SWT kepada nabi dan rasul.

9. Surga

Dalam surat Al-Baqarah ayat 35, terdapat kata “surga” yang merupakan isim nakirah. Artinya, “Dan Kami berfirman: “Hai Adam, diamlah engkau beserta istrimu di dalam surga dan makanlah sepuas-puasmu yang kamu sukai, tetapi janganlah kamu dekati pohon ini, karena kamu termasuk orang-orang yang zalim”. Dalam ayat ini, surga merujuk pada tempat yang disediakan oleh Allah SWT bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh.

10. Neraka

Neraka adalah isim nakirah yang sering digunakan dalam Al-Quran untuk merujuk pada tempat siksaan bagi orang-orang yang berdosa. Contohnya dapat ditemukan dalam surat Ali Imran ayat 131, “Dan bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan beragama Islam. Dan berpeganglah kamu semua pada tali Allah dan janganlah kamu berpecah-belah. Dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu berseteru; maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang yang bersaudara. Dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, supaya kamu mendapat petunjuk”. Dalam ayat ini, neraka merujuk pada tempat siksaan bagi orang-orang yang tidak taat pada Allah SWT.

11. Kiamat

Kiamat adalah isim nakirah yang sering digunakan dalam Al-Quran untuk merujuk pada hari kiamat atau akhir zaman. Contohnya dapat ditemukan dalam surat Al-Qiyamah ayat 1, “Aku bersumpah dengan hari kiamat, dan Aku bersumpah dengan dirimu (wahai Muhammad) yang akan berperang”. Dalam ayat ini, kiamat merujuk pada hari ketika manusia akan dihisab atas segala perbuatannya di dunia.

12. Dunia

Dalam surat Ali Imran ayat 14, terdapat kata “dunia” yang merupakan isim nakirah. Artinya, “Cantik sangat bagi manusia kecintaan terhadap apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak

Artikel Contoh Isim Nakirah dalam Al-Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM