sosial media paling populer di INdonesia

10 Platform Media Sosial Paling Populer Di Indonesia Saat Ini

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat platform media sosial yang awalnya untuk media berbagi / share informasi kini menjadi salah satu alternatif alat komunikasi yang sering digunakan dan juga didukung dengan teknologi smartphonenya yang semakin canggih.

Cara berkomunikasi sepertinya mulai berubah dengan adanya platform media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter, Line dan yang lainnya. Yang awalnya hanya dengan berkirim surat, kemudian berkomunikasi dengan jaringan telepon seluler hingga perkembangan teknologi yang mengubah cara berkomunikasi jadi lebih mudah.

Anda bisa melakukan Video Call yang membuat jarak tidak akan menjadi masalah karena bisa berkomunikasi dengan melihat situasi atau keadaan yang ajak videocall. Kemudian dengan media sosial juga bisa berbagi kabar/informasi kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun anda mau yang tentunya didukung dengan teknologi canggih saat ini seperti koneksi internet dan smartphone canggih.

Nah kali ini ada 10 platform media sosial paling populer di Indonesia, yang mana penggunanya juga hampir memiliki akun disetiap media sosial tersebut. Berikut ini adalah rangkumannya dari Global Digital Overview 2020 yang dibuat oleh Wearesocial dan Hootsuite :

10 Media Sosial Paling Populer Di Indonesia

10 media sosial paling populer di indonesia 2020

Pengguna internet di Indonesia

  • Terdapat 175,4 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2020.
  • Jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat 25 juta (+ 17.0) antara tahun 2019 dan 2020.
  • Penetrasi internet di Indonesia mencapai 64.0 pada Januari 2020.

Pengguna media sosial di Indonesia

  • Ada 160,0 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2020.
  • Jumlah pengguna media sosial di Indonesia meningkat 12 juta (+ 8,1.0) antara April 2019 dan Januari 2020.
  • Penetrasi media sosial di Indonesia mencapai 59.0 pada Januari 2020.

Koneksi seluler di Indonesia

  • Terdapat 338,2 juta koneksi seluler di Indonesia pada Januari 2020.
  • Jumlah koneksi seluler di Indonesia meningkat 15 juta (+ 4,6.0) antara Januari 2019 dan Januari 2020.
  • Jumlah sambungan seluler di Indonesia pada Januari 2020 setara dengan 124.0 dari total penduduk.

Daftar Peringkat Media Sosial Paling Populer

Youtube

youtube medsos populer

Peringkat pertama diduduki oleh portal video Youtube yang memungkinkan anda untuk menonton video dan juga berbagi video anda sendiri. Dari graphic diatas menunjukkan bahwa Youtube ini diakses oleh 88.0 dari 160 juta orang/pengguna media sosial di Indonesia atau ada sekitar 140 juta orang yang sudah menggunakan Youtube.

Whatsapp

whatsapp paling populer

Diurutan kedua ada aplikasi Whatsapp yang mana saat ini paling banyak digunakan sebagai alat komunikasi baik itu pesan teks (chatting) ataupun Panggilan suara dan Panggilan Video / Video Call.

Whatsapp atau sering kita singkat menjadi WA ini merupakan platform media sosial tanpa biaya pulsa, tetapi menggunakan koneksi internet yang ada di smartphone anda (baik itu dari kuota provider ataupun internet dari Wifi). Itulah kenapa alasannya kenapa menjadi pilihan utama untuk alat komunikasi sehari-hari, baik itu komunikasi dengan keluarga, sahabat ataupun komunikasi untuk bisnis.

Data Diatas menunjukkan bahwa Ada sekitar 83.0 orang indonesia yang menggunakan sosial media di Indonesia memiliki akun di Whatsapp juga, atau sekitar 132 juta orang dari total 160 juta pengguna media sosial Indonesia.

Facebook

facebook logo bulat

Selanjutnya diperingkat ketiga ada  Facebook,  yang mana bisa dikatakan sebagai platform media sosial paling lengkap, kenapa? karena ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan didalamnya seperti : Chatting, Video Call, Voice Call, Live Streaming, Berbagi Infomasi dari blog ataupun website lain, berbagi foto, video, membuat fanspage, dan juga Membuat Group. Ada juga fitur terbarunya yang baru-baru ini diluncurkan adalah Marketplace yang mana sangat membantu dimasa-masa pandemi covid-19 ini untuk bisa memulai berniaga/jualan di facebook.

Ada Sekitar 82.0 penggunanya dari total pengguna sosial media di Indonesia, itu artinya ada sekitar 130 juta orang menggunakan media sosial facebook untuk berinteraksi.

Instagram

logo instagram terbaru

Instagram atau IG saat ini sangat ramai digunakan di Indonesia, meskipun berada di posisi ke-4 tetapi Instagram menjadi pilihan utama dan paling ngetrend saat ini untuk berbagi informasi foto dan video bahkan mendai platform media sosial untuk berjualan.

Saat ini pengguna Instagram di Indonesia ada sekitar 79.0 dari pengguna sosial media yang jumlahnya 160 juta. Tetapi Instagram ini menjadi pilihan para artis, aktor, youtuber hingga kepala pemerintahan untuk berbagi informasi penting dan juga yang lainnya. Tidak heran lagi jika Instagram menjadi paling ngetrend dibandingkan dengan platform media sosial lainnya.

Twitter

twitter terbaru

Selanjutnya ada Twitter yang menempati posisi ke-5. Twitter ini adalah media sosial yang unik karena tweetnya/postingannya dibatasi hanya 200 karakter disetiap tweet yang bisa dibuat.

Berdasarkan data dari We Are social dan Hootsuite diatas, Twitter ini menempati posisi ke-5 dengan jumlah pengguna 89 juta. atau 56.0 dari total keseluruhan pengguna sosial media.

Selanjutnya adalah untuk peringkat 6, 7, 8, 9 dan 10 adalah sebagai berikut :

  • Line posisi ke-6 dengan 50.0 atau sekitar 80 juta pengguna
  • FB Messenger posisi ke-7 dengan 50.0 atau sekitar 80 juta pengguna
  • Linkedin berada di posisi ke-8 dengan 35.0 atau sekitar 56 juta pengguna
  • Pinterest di posisi ke-9 dengan 34.0 atau sekitar 54 juta pengguna
  • Wechat di posisi ke-10 dengan 29.0 atau 46 juta pengguna

Pada periode Januari 2020, TikTok belum begitu banyak, berbeda dengan saat ini yang penggunanya meningkat tajam. Kita tunggu saja diposisi keberapakah nantinya TikTok.