Kata Sambung Bahasa Inggris
Kata Sambung Bahasa Inggris

Kata Sambung Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mempelajari bahasa Inggris dengan baik. Salah satu hal yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris adalah kata sambung.

Apa itu Kata Sambung?

Kata sambung adalah kata yang digunakan untuk menyambungkan dua kalimat atau lebih. Dalam bahasa Inggris, kata sambung disebut conjunction. Ada tiga jenis kata sambung dalam bahasa Inggris yaitu coordinating conjunction, subordinating conjunction, dan correlative conjunction.

1. Coordinating Conjunction

Coordinating conjunction digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang memiliki kedudukan sama. Ada tujuh jenis coordinating conjunction dalam bahasa Inggris yaitu and, but, or, so, yet, for, dan nor.

Contoh penggunaan coordinating conjunction:

– I like coffee and tea. (Saya suka kopi dan teh.)

– She is smart, but lazy. (Dia pintar, tapi malas.)

– Do you want cake or ice cream? (Apakah kamu ingin kue atau es krim?)

2. Subordinating Conjunction

Subordinating conjunction digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang memiliki kedudukan tidak sama atau hubungan sebab-akibat. Ada banyak sekali jenis subordinating conjunction dalam bahasa Inggris.

Contoh penggunaan subordinating conjunction:

– I will go to bed after I finish my homework. (Saya akan tidur setelah selesai mengerjakan PR.)

– She can’t eat chocolate because she is allergic. (Dia tidak bisa makan coklat karena alergi.)

– He is unhappy unless he gets what he wants. (Dia tidak bahagia kecuali dia mendapatkan apa yang dia inginkan.)

3. Correlative Conjunction

Correlative conjunction digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang memiliki kedudukan sama. Ada lima jenis correlative conjunction dalam bahasa Inggris yaitu either…or, neither…nor, not only…but also, both…and, dan whether…or.

Contoh penggunaan correlative conjunction:

Either you study hard or you will fail. (Entah kamu belajar keras atau kamu akan gagal.)

Neither my brother nor my sister likes to eat vegetables. (Tidak ada satu pun saudara saya yang suka makan sayuran.)

Not only did she finish her homework, but also she cleaned her room. (Dia tidak hanya menyelesaikan PR-nya, melainkan juga membersihkan kamarnya.)

Kesimpulan

Memahami dan menguasai kata sambung dalam bahasa Inggris sangat penting karena akan memudahkan kita dalam membuat kalimat yang baik dan benar. Ada tiga jenis kata sambung dalam bahasa Inggris yaitu coordinating conjunction, subordinating conjunction, dan correlative conjunction.

Dalam penggunaannya, kita harus memahami fungsi dan jenis-jenisnya agar kita dapat membuat kalimat yang efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Artikel Kata Sambung Bahasa Inggris

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM