Negara yang Tergabung dalam ASEAN
Negara yang Tergabung dalam ASEAN

Negara yang Tergabung dalam ASEAN

ASEAN merupakan kependekan dari Association of Southeast Asian Nations, yaitu organisasi antarpemerintah di Asia Tenggara yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Tujuan dari ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, sosial, dan politik di antara negara-negara anggotanya. Saat ini, terdapat 10 negara yang tergabung dalam ASEAN.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara yang terletak di pulau Borneo. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 5.765 km² dan populasi sekitar 437.000 jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Brunei Darussalam adalah Bahasa Melayu, dan mata uang yang digunakan adalah Dolar Brunei. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1984.

Kamboja

Kamboja merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 181.035 km² dan populasi sekitar 16,5 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Kamboja adalah Khmer, dan mata uang yang digunakan adalah Riel Kamboja. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1999.

Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 1.910.931 km² dan populasi sekitar 270 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Indonesia adalah Bahasa Indonesia, dan mata uang yang digunakan adalah Rupiah. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1967.

Laos

Laos merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 236.800 km² dan populasi sekitar 7,3 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Laos adalah Lao, dan mata uang yang digunakan adalah Kip. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1997.

Malaysia

Malaysia merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 330.803 km² dan populasi sekitar 32,7 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Malaysia adalah Bahasa Melayu, dan mata uang yang digunakan adalah Ringgit. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1967.

Myanmar

Myanmar merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 676.578 km² dan populasi sekitar 54 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Myanmar adalah Burmese, dan mata uang yang digunakan adalah Kyat. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1997.

Filipina

Filipina merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 300.000 km² dan populasi sekitar 109 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Filipina adalah Bahasa Filipina, dan mata uang yang digunakan adalah Peso Filipina. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1967.

Singapura

Singapura merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 728,3 km² dan populasi sekitar 5,7 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Singapura adalah Bahasa Melayu, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Tamil, dan mata uang yang digunakan adalah Dolar Singapura. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1967.

Thailand

Thailand merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 513.120 km² dan populasi sekitar 69,6 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Thailand adalah Thai, dan mata uang yang digunakan adalah Baht. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1967.

Vietnam

Vietnam merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 331.212 km² dan populasi sekitar 96,5 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Vietnam adalah Vietnamese, dan mata uang yang digunakan adalah Dong. Negara ini bergabung dengan ASEAN pada tahun 1995.

Kesimpulan

ASEAN merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Tujuan dari ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, sosial, dan politik di antara negara-negara anggotanya demi mencapai kemakmuran bersama. Dengan bergabung dalam ASEAN, negara-negara anggota dapat saling bekerja sama dalam berbagai bidang untuk mencapai tujuan tersebut.

Artikel Negara yang Tergabung dalam ASEAN

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM