Nama Latin Rayap: Mengenal Jenis-jenis Rayap
Nama Latin Rayap: Mengenal Jenis-jenis Rayap

Nama Latin Rayap: Mengenal Jenis-jenis Rayap

Rayap merupakan hama yang sering dijumpai di rumah atau gedung bertingkat. Selain merusak kayu, rayap juga bisa membahayakan kesehatan manusia. Oleh karena itu, penting untuk mengenal jenis-jenis rayap dan nama latinnya agar bisa menjaga rumah dan kesehatan kita.

Rayap Tanah (Subterranean Termites)

Rayap tanah adalah jenis rayap yang hidup di tanah dan merusak kayu dengan cara mengunyahnya. Nama latin rayap tanah adalah Reticulitermes spp. Rayap tanah biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Kayu Kering (Drywood Termites)

Rayap kayu kering adalah jenis rayap yang hidup di kayu dan merusaknya dengan cara mengunyahnya. Nama latin rayap kayu kering adalah Cryptotermes spp. Rayap kayu kering biasanya hidup dalam koloni kecil dan memakan kayu dari luar. Mereka juga bisa merusak furnitur dan barang-barang kayu di rumah.

Rayap Hutan (Dampwood Termites)

Rayap hutan adalah jenis rayap yang hidup di hutan dan merusak kayu yang basah atau lembap. Nama latin rayap hutan adalah Zootermopsis spp. Rayap hutan biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Serangga (Conehead Termites)

Rayap serangga adalah jenis rayap yang memiliki kepala yang besar dan merusak kayu dengan cara mengunyahnya. Nama latin rayap serangga adalah Nasutitermes spp. Rayap serangga biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Raksasa (Giant Termites)

Rayap raksasa adalah jenis rayap yang hidup di daerah tropis dan memiliki ukuran yang besar. Nama latin rayap raksasa adalah Térmita gigante. Rayap raksasa biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Jamur (Fungus-growing Termites)

Rayap jamur adalah jenis rayap yang hidup di daerah tropis dan merusak kayu dengan cara membawanya ke sarang dan menumbuhkan jamur di dalamnya. Nama latin rayap jamur adalah Macrotermes spp. Rayap jamur biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Bawah Tanah (Formosan Termites)

Rayap bawah tanah adalah jenis rayap yang berasal dari Asia dan merusak kayu dengan cara mengunyahnya. Nama latin rayap bawah tanah adalah Coptotermes formosanus. Rayap bawah tanah biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Paku (Dampwood Termites)

Rayap paku adalah jenis rayap yang hidup di daerah tropis dan merusak kayu dengan cara mengunyahnya. Nama latin rayap paku adalah Kalotermitidae spp. Rayap paku biasanya hidup dalam koloni kecil dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak furnitur dan barang-barang kayu di rumah.

Rayap Air (Arid-land Termites)

Rayap air adalah jenis rayap yang hidup di daerah gurun dan merusak kayu dengan cara mengunyahnya. Nama latin rayap air adalah Gnathamitermes perplexus. Rayap air biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Api (Mound-building Termites)

Rayap api adalah jenis rayap yang hidup di daerah tropis dan merusak kayu dengan cara membawanya ke sarang dan membentuk tumpukan besar. Nama latin rayap api adalah Amitermes spp. Rayap api biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Kecil (Microcerotermes)

Rayap kecil adalah jenis rayap yang hidup di daerah tropis dan merusak kayu dengan cara mengunyahnya. Nama latin rayap kecil adalah Microcerotermes spp. Rayap kecil biasanya hidup dalam koloni kecil dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak furnitur dan barang-barang kayu di rumah.

Rayap Kertas (Paper Termites)

Rayap kertas adalah jenis rayap yang merusak kertas, buku, dan dokumen. Nama latin rayap kertas adalah Neotermes spp. Rayap kertas biasanya hidup dalam koloni kecil dan memakan kertas dari dalam. Mereka juga bisa merusak dokumen penting dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Rangka (Carton-building Termites)

Rayap rangka adalah jenis rayap yang membentuk rangka dari bahan kayu dan tanah liat. Nama latin rayap rangka adalah Nasutitermes spp. Rayap rangka biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Rayap Jamur Kayu (Wood-decay Fungi Termites)

Rayap jamur kayu adalah jenis rayap yang hidup di daerah tropis dan merusak kayu dengan cara membawanya ke sarang dan menumbuhkan jamur di dalamnya. Nama latin rayap jamur kayu adalah Termitomyces spp. Rayap jamur kayu biasanya hidup dalam koloni besar dan memakan kayu dari dalam. Mereka juga bisa merusak bangunan dan membuat kerusakan yang signifikan.

Kesimpulan

Mengenal jenis-jenis rayap dan nama latinnya penting untuk menjaga rumah dan kesehatan kita. Rayap bisa merusak kayu, bangunan, furnitur, dokumen, dan barang-barang kayu lainnya. Oleh karena itu, perlu melakukan pencegahan dan pengendalian terhadap rayap dengan cara tepat.

ArtikelNama Latin Rayap: Mengenal Jenis-jenis Rayap

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM