Isi Sumpah Pemuda Dirumuskan Oleh
Isi Sumpah Pemuda Dirumuskan Oleh

Isi Sumpah Pemuda Dirumuskan Oleh

Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar yang diucapkan oleh pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Ikrar ini memuat tentang tekad para pemuda untuk bersatu dan berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Namun siapa sebenarnya yang merumuskan isi Sumpah Pemuda?

Bung Karno dan Bung Hatta

Sumpah Pemuda dirumuskan oleh dua tokoh besar bangsa Indonesia, yaitu Bung Karno dan Bung Hatta. Keduanya merupakan tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia yang sangat berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mereka berdua adalah aktivis pemuda yang tergabung dalam organisasi Jong Java pada tahun 1926.

Ketika itu, Indonesia masih dijajah oleh Belanda dan pemuda-pemudi Indonesia mulai merasa ketidakadilan dalam pemerintahan kolonial. Mereka merasa bahwa bangsa Indonesia harus bersatu dan berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

Pertemuan Empat Pemuda

Sebelum merumuskan isi Sumpah Pemuda, terdapat sebuah pertemuan yang dilakukan oleh empat pemuda pada tanggal 27 Oktober 1928. Keempat pemuda tersebut adalah Soekarni, Mohammad Yamin, Sutomo, dan Rahmatullah.

Pada pertemuan itu, mereka membahas tentang situasi politik Indonesia saat itu dan merumuskan sebuah ikrar yang memuat tentang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Namun, ikrar tersebut masih belum final dan masih perlu disempurnakan.

Rapat Pemuda

Pada tanggal 28 Oktober 1928, diadakanlah Rapat Pemuda yang dihadiri oleh 31 organisasi pemuda dari seluruh Indonesia. Rapat tersebut dipimpin oleh Bung Karno dan hasil dari pertemuan empat pemuda kemarin dibahas dan disempurnakan menjadi Sumpah Pemuda yang kita kenal saat ini.

Isi Sumpah Pemuda terdiri dari tiga poin utama, yaitu:

  1. Kesatuan Tanah Air Indonesia
  2. Nasionalisme Indonesia
  3. Bahasa Indonesia

Sumbangsih para Pemuda Indonesia

Sumpah Pemuda merupakan sebuah tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia. Ikrar ini menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan. Tanpa semangat dan tekad dari para pemuda Indonesia pada waktu itu, mungkin Indonesia tidak akan memperoleh kemerdekaannya seperti sekarang ini.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus terus mengenang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan mempertahankan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda. Kita harus tetap bersatu dan berjuang untuk memajukan bangsa Indonesia.

Kesimpulan

Sumpah Pemuda merupakan sebuah ikrar yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Isi Sumpah Pemuda dirumuskan oleh tokoh besar bangsa Indonesia, yaitu Bung Karno dan Bung Hatta. Sumpah Pemuda menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus terus mengenang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan mempertahankan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Artikel Isi Sumpah Pemuda Dirumuskan Oleh

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM