TEKNOBGT
Nama Hewan dalam Bahasa Sunda
Nama Hewan dalam Bahasa Sunda

Nama Hewan dalam Bahasa Sunda

Bahasa Sunda adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat Sunda di wilayah Jawa Barat. Bahasa ini memiliki kosakata yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Salah satu hal yang menarik dari bahasa Sunda adalah nama-nama hewan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa nama hewan dalam bahasa Sunda.

1. Ayam

Ayam dalam bahasa Sunda disebut dengan “manuk”. Biasanya ayam digunakan sebagai bahan makanan atau sebagai hewan peliharaan. Selain itu, ayam juga sering dijadikan sebagai simbol dalam budaya Sunda.

2. Kucing

Kucing dalam bahasa Sunda disebut dengan “bubur”. Meskipun kucing sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, namun di beberapa daerah di Jawa Barat, masyarakat menggunakan kucing sebagai bahan makanan.

3. Anjing

Anjing dalam bahasa Sunda disebut dengan “asú”. Anjing sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai hewan penjaga rumah. Namun, di beberapa daerah di Jawa Barat, anjing juga sering dijadikan sebagai bahan makanan.

4. Babi

Babi dalam bahasa Sunda disebut dengan “bebek”. Babi sering dijadikan sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda. Selain itu, babi juga sering dijadikan sebagai hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha.

5. Kambing

Kambing dalam bahasa Sunda disebut dengan “domba”. Kambing sering dijadikan sebagai hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha. Selain itu, kambing juga sering dijadikan sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda.

6. Sapi

Sapi dalam bahasa Sunda disebut dengan “lembu”. Sapi sering dijadikan sebagai hewan ternak oleh masyarakat Sunda. Selain itu, sapi juga sering dijadikan sebagai hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha.

7. Kelinci

Kelinci dalam bahasa Sunda disebut dengan “cenger”. Kelinci sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda.

8. Burung

Burung dalam bahasa Sunda disebut dengan “manuk”. Burung sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda. Selain itu, burung juga sering dijadikan sebagai simbol dalam budaya Sunda.

9. Ular

Ular dalam bahasa Sunda disebut dengan “ular”. Ular sering dianggap sebagai hewan yang berbahaya oleh masyarakat Sunda. Namun, di beberapa daerah di Jawa Barat, masyarakat juga menggunakan ular sebagai bahan obat tradisional.

10. Kodok

Kodok dalam bahasa Sunda disebut dengan “kodok”. Kodok sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda.

11. Ikan

Ikan dalam bahasa Sunda disebut dengan “ikan”. Ikan sering dijadikan sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda. Selain itu, ikan juga menjadi simbol dalam budaya Sunda.

12. Kepiting

Kepiting dalam bahasa Sunda disebut dengan “kepiting”. Kepiting sering dijadikan sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda. Selain itu, kepiting juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

13. Ulat

Ulat dalam bahasa Sunda disebut dengan “balar”. Ulat sering dijadikan sebagai makanan bagi burung peliharaan atau sebagai bahan obat tradisional.

14. Nyamuk

Nyamuk dalam bahasa Sunda disebut dengan “cule”. Nyamuk sering dianggap sebagai hewan yang mengganggu oleh masyarakat Sunda. Namun, nyamuk juga sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional.

15. Kuda

Kuda dalam bahasa Sunda disebut dengan “kuda”. Kuda sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai alat transportasi oleh masyarakat Sunda.

16. Katak

Katak dalam bahasa Sunda disebut dengan “katak”. Katak sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda.

17. Semut

Semut dalam bahasa Sunda disebut dengan “kutu”. Semut sering dianggap sebagai hewan yang mengganggu oleh masyarakat Sunda. Namun, semut juga sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional.

18. Belalang

Belalang dalam bahasa Sunda disebut dengan “jukut”. Belalang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai bahan makanan oleh masyarakat Sunda.

19. Cicak

Cicak dalam bahasa Sunda disebut dengan “cicak”. Cicak sering dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh masyarakat Sunda.

20. Kupu-kupu

Kupu-kupu dalam bahasa Sunda disebut dengan “kupu-kupu”. Kupu-kupu sering menjadi simbol dalam budaya Sunda.

Kesimpulan

Itulah beberapa nama hewan dalam bahasa Sunda. Meskipun memiliki kosakata yang berbeda dengan bahasa Indonesia, namun bahasa Sunda memiliki kekayaan budaya yang menarik untuk dipelajari.

Artikel Nama Hewan dalam Bahasa Sunda

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM