TEKNOBGT
Ayat Al Quran Tentang Malaikat
Ayat Al Quran Tentang Malaikat

Ayat Al Quran Tentang Malaikat

Al Quran adalah kitab suci bagi umat muslim yang mengandung pelajaran dan petunjuk dari Allah SWT. Salah satu topik yang sering dibahas dalam Al Quran adalah tentang malaikat. Malaikat adalah makhluk halus yang diciptakan oleh Allah SWT untuk membantu manusia dalam menjalani kehidupan di dunia.

1. Malaikat sebagai Pencatat Amal

Salah satu tugas malaikat yang terkenal adalah sebagai pencatat amal manusia. Hal ini terdapat dalam surah Al-Infitar ayat 10-12 yang berbunyi, “Dan sesungguhnya ada malaikat-malaikat yang mencatat perbuatannya, baik yang kecil maupun yang besar, yang tertulis dalam lembaran-lembaran (catatan) yang terbuka.”

2. Malaikat sebagai Pemberi Kabar Gembira dan Azab

Malaikat juga memiliki tugas sebagai pemberi kabar gembira dan azab. Hal ini terdapat dalam surah Al-An’am ayat 61 yang berbunyi, “Dan Dialah Yang memegang kunci-kunci ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri. Dia mengetahui apa yang di darat dan di laut. Dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya, dan tidak jatuh sebutir biji pun dari buah yang kering atau yang basah melainkan di dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).”

3. Malaikat sebagai Pengawas Kematian

Malaikat juga memiliki tugas sebagai pengawas kematian. Hal ini terdapat dalam surah An-Nahl ayat 32 yang berbunyi, “Malaikat-malaikat yang merebut nyawa orang-orang yang berbuat zalim terhadap diri mereka sendiri. Ketika malaikat itu sampai kepada mereka, mereka mengangkat tangan mereka seraya berkata, ‘Keluarkanlah kami dari sini! Kami akan berbuat kebaikan yang lain, sungguh kami sekarang telah meyakinkan diri kita.’ Dan demikian pula ketika malaikat itu sampai kepada orang-orang yang beriman, mereka berkata, ‘Keluarkanlah kami dari sini, kami akan berbuat kebaikan yang lain, sungguh kami sekarang telah meyakinkan diri kita.’

4. Malaikat sebagai Penolong dalam Pertempuran

Malaikat juga memiliki tugas sebagai penolong dalam pertempuran. Hal ini terdapat dalam surah Al-Anfal ayat 9-10 yang berbunyi, “Dan (ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, (segeralah) kamu katakan, ‘Bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.’ Allah akan menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda-tanda (kebesaran) Allah. Dan Allah tidak akan mempermasalahkan (masalah)mu.”

5. Malaikat sebagai Penjaga Pintu Surga

Malaikat juga memiliki tugas sebagai penjaga pintu surga. Hal ini terdapat dalam surah Az-Zumar ayat 73 yang berbunyi, “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya akan di antarkan ke dalam Surga dalam kelompok-kelompok. Hingga apabila mereka sampai ke tempat itu dan pintu-pintu surga dibuka, maka penjaganya akan berkata kepada mereka, ‘Salamun ‘alaikum, kalian telah bersih dari segala aib, maka masuklah kalian ke dalam surga itu sebagai tempat tinggal yang kekal.”‘

6. Malaikat sebagai Pemimpin Doa

Malaikat juga memiliki tugas sebagai pemimpin doa. Hal ini terdapat dalam surah Fushshilat ayat 30 yang berbunyi, “Sedang orang-orang yang mengatakan, ‘Tuhan kami adalah Allah’, dan mereka meneguhkan pendirian mereka, maka para malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan, ‘Janganlah kamu takut dan janganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.’

7. Malaikat sebagai Hamba yang Patuh

Malaikat juga merupakan hamba Allah SWT yang patuh. Hal ini terdapat dalam surah Al-Anbiya ayat 19 yang berbunyi, “Dan sesungguhnya kita tidak menciptakan malaikat-malaikat itu kecuali untuk beribadah kepada-Ku.”

8. Malaikat sebagai Pelayan Ibrahim

Malaikat juga memiliki tugas sebagai pelayan Ibrahim AS. Hal ini terdapat dalam surah Adz-Dzariyat ayat 24-25 yang berbunyi, “Dan di samping itu ada tiga orang yang datang kepada Ibrahim, lalu mereka disambutnya dengan penuh keramahan. Ketika ia melihat mereka takut, mereka berkata, ‘Jangan takut, kami diutus untuk kaum Luth.'”

9. Malaikat sebagai Pemberi Kabar Kehamilan Maryam

Malaikat juga memiliki tugas sebagai pemberi kabar kehamilan Maryam AS. Hal ini terdapat dalam surah Ali Imran ayat 42-43 yang berbunyi, “Dan (ingatlah) ketika malaikat berkata, ‘Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu dan menyucikanmu dan melebihkanmu atas segala wanita di dunia. Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu dengan mempersembahkan dirimu kepada-Nya dan sujudlah bersama orang-orang yang sujud’.”

10. Malaikat sebagai Pengantar Jiwa ke Alam Barzakh

Malaikat juga memiliki tugas sebagai pengantar jiwa ke alam barzakh. Hal ini terdapat dalam surah Al-An’am ayat 61 yang berbunyi, “Dan Dialah Yang memegang kunci-kunci ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri. Dia mengetahui apa yang di darat dan di laut. Dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya, dan tidak jatuh sebutir biji pun dari buah yang kering atau yang basah melainkan di dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).”

Kesimpulan

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, Al Quran banyak membahas tentang malaikat dan tugas-tugas mereka di dunia. Malaikat merupakan makhluk halus yang diciptakan oleh Allah SWT untuk membantu manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Dengan memahami tugas-tugas malaikat, kita dapat lebih menghargai keberadaan mereka dan berusaha untuk selalu berbuat baik agar dapat mendapatkan pertolongan dari-Nya.

Artikel Ayat Al Quran Tentang Malaikat

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM