Negara ASEAN yang Tidak Pernah Dijajah
Negara ASEAN yang Tidak Pernah Dijajah

Negara ASEAN yang Tidak Pernah Dijajah

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Seluruh negara di ASEAN pernah dijajah oleh negara-negara Barat pada masa lalu, kecuali satu negara yaitu Thailand. Thailand atau dulu bernama Siam adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun.

Sejarah Thailand

Sejarah Thailand dimulai pada abad ke-10 Masehi, ketika beberapa kerajaan kecil terbentuk di wilayah yang sekarang disebut Thailand. Pada abad ke-14, Kerajaan Ayutthaya muncul sebagai kerajaan yang paling kuat dan dominan di wilayah tersebut.

Pada abad ke-19, negara-negara Barat seperti Inggris dan Prancis mulai menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara, termasuk Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Namun, Thailand mampu mempertahankan kemerdekaannya dan menghindari penjajahan oleh negara-negara Barat.

Selama Perang Dunia II, Jepang menguasai Thailand dan memaksa kerajaan untuk bergabung dengan Poros. Setelah perang berakhir, Thailand kembali menjadi negara merdeka dan mengalami banyak perubahan politik dan sosial.

Faktor-faktor yang Membuat Thailand Tidak Dijajah

Ada beberapa faktor yang membuat Thailand tidak dijajah oleh negara manapun. Pertama, Thailand memiliki wilayah yang cukup besar dan sulit untuk dikuasai oleh negara asing. Kedua, masyarakat Thailand memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dan selalu siap untuk membela negaranya.

Ketiga, raja-raja Thailand memiliki kecerdasan dan keterampilan diplomasi yang tinggi dalam menjaga kemerdekaan negaranya. Keempat, Thailand memiliki kekuatan militer yang kuat dan modern, sehingga negara-negara asing tidak berani menyerangnya.

Kesimpulan

Thailand adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti wilayah yang besar dan sulit untuk dikuasai, semangat nasionalisme yang tinggi, kecerdasan dan keterampilan diplomasi raja-raja Thailand, serta kekuatan militer yang kuat.

Sebagai negara yang merdeka, Thailand terus berusaha untuk mempertahankan kedaulatannya dan memajukan negaranya. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan ekonomi dan pariwisata yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Semoga Thailand selalu menjadi negara yang merdeka dan sejahtera.

Artikel Negara ASEAN yang Tidak Pernah Dijajah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM