TEKNOBGT
Kandungan Surah An Nas
Kandungan Surah An Nas

Kandungan Surah An Nas

Surah An Nas merupakan surah ke-114 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 6 ayat dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Makna dari surah ini adalah permohonan perlindungan kepada Allah SWT dari gangguan setan dan godaan syaitan.

Ayat Pertama

“Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai manusia, Raja manusia, ilah manusia dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.”

Surah An Nas dimulai dengan permohonan perlindungan kepada Allah SWT. Ayat pertama ini mengajarkan bahwa Allah SWT adalah Rabb yang menguasai manusia, Raja manusia, dan ilah manusia. Artinya, hanya Allah SWT yang bisa memberikan perlindungan dari gangguan setan dan godaan syaitan.

Ayat Kedua

“Yang membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia.”

Ayat kedua menjelaskan bahwa syaitan bisa membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia. Syaitan bisa datang dari jin dan manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu berlindung kepada Allah SWT dari gangguan setan dan godaan syaitan.

Ayat Ketiga

“Allah SWT adalah pemilik seluruh manusia dan seluruh makhluk di dunia ini.”

Ayat ketiga mengajarkan bahwa Allah SWT adalah pemilik seluruh manusia dan seluruh makhluk di dunia ini. Artinya, hanya Allah SWT yang berkuasa atas segala sesuatu di dunia ini. Oleh karena itu, kita harus selalu berlindung kepada Allah SWT dari gangguan setan dan godaan syaitan.

Ayat Keempat

“Maka apabila kamu membaca Al-Quran, hendaklah kamu memohon perlindungan kepada Allah SWT dari syaitan yang terkutuk.”

Ayat keempat mengajarkan bahwa ketika kita membaca Al-Quran, kita harus selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT dari syaitan yang terkutuk. Hal ini dikarenakan syaitan selalu berusaha mengganggu ketika kita sedang membaca Al-Quran.

Ayat Kelima

“Yang biasa bersembunyi dan membisu dalam dada manusia.”

Ayat kelima menjelaskan bahwa syaitan bisa bersembunyi dan membisu dalam dada manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu berlindung kepada Allah SWT dari gangguan setan dan godaan syaitan.

Ayat Keenam

“Daripada (gangguan) syaitan yang bersembunyi-sembunyi.”

Ayat keenam mengajarkan bahwa syaitan bisa bersembunyi-sembunyi dan menyerang manusia secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kita harus selalu berlindung kepada Allah SWT dari gangguan setan dan godaan syaitan.

Kesimpulan

Surah An Nas mengajarkan kita untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari gangguan setan dan godaan syaitan. Syaitan bisa datang dari jin dan manusia, dan bisa membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia. Hanya Allah SWT yang bisa memberikan perlindungan dari gangguan setan dan godaan syaitan. Oleh karena itu, ketika kita membaca Al-Quran, kita harus selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT dari syaitan yang terkutuk. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita dari gangguan setan dan godaan syaitan. Aamiin.

Artikel Kandungan Surah An Nas

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM